Tuesday, September 4, 2018

20 Cara Menyimpan Bahan Makanan Agar Tetap Segar

Cara menyimpan bahan makanan merupakan salah satu tips yang dapat membuat waktu memasak Kamu menjadi lebih efisien sehingga tidak perlu sering berbelanja. Agar bahan makanan yang disimpan dapat tahan lama tanpa kehilangan nutrisinya, Kamu perlu belajar teknik penyimpanannya.

Untuk menjaga tubuh agar sehat, Kamu perlu olahraga, istirahat teratur serta menjaga pola makan. Pola makanan yang teratur akan membuat keseimbangan tubuh lebih terjaga.

Cara Menyimpan Bahan Makanan

Jika Kamu sebagai ibu-ibu, maka harus lebih cerdas dalam memilih bahan masakan. Tak hanya itu, Kamu perlu makanan dan sayuran segar untuk dijadikan makanan.

Cara Menyimpan Bahan Makanan Agar Tetap Segar

Untuk menjaga kesegaran bahan makanan agar tahan lama, maka ada cara menyimpannya sendiri. Jika Kamu ingin mengetahui cara menyimpan bahan makanan yang tepat, maka dapat melihat ulasan berikut ini yang dilansir dari pulsk.

1. Sayuran hijau

Cara menyimpan sayuran tanpa kulkas, yaitu Kamu bisa menyimpan sayuran hijau dengan mudah cukup menutupinya dengan plastik bening.

cara menyimpan sayuran di kulkas

2. Buah beri dan stroberi

Cara menyimpan buah stroberi yaitu dengan mencucinya dengan air yang dicampur dengan air cuka, lalu ditiriskan di atas baki yang beralaskan kertas kemudian dimasukkan ke kulkas.

cara menyimpan buah stroberi

3. Selada, seledri, dan brokoli

Cara menyimpan sayuran di kulkas seperti selada, brokoli dan seledri dapat dilakukan dengan membungkus pakai kertas timah, lalu ditaruh ke dalam kulkas, selada akan tetap segar dalam beberapa hari di kulkas.

cara menyimpan sayuran di kulkas

4. Daging

Cara menyimpan daging yang dimasukkan ke plastik dan dimasukkan ke frezer itu kurang tepat. Sebaiknya sebelum dimasukkan dalam frezer harus dibungkus dengan kertas timah agar tetap segar.

cara menyimpan daging di kulkas

5. Tomat

Bagaimana cara menyimpan tomat yang tepat? caranya sangat mudah, cukup letakkan dalam kotak bagian tangkai dihadapkan ke bawah.

cara menyimpan tomat

6. Daun bawang

Cara menyimpan daun bawang agar awet dapat dilakukan dengan cara memotong-motong lalu dimasukkan ke botol, lalu ditaruh dalam frezer.

cara menyimpan daun bawang

7. Keju

Cara menyimpan keju yang tepat yaitu dengan menyimpannya dengan cara membungkus keju dengan kertas aluminium supaya enak.

cara menyimpan keju

8. Buah apricot

Cara menyimpan buah apricot ini dapat dilakukan dengan cara menaruh langsung di tempat telur tanpa dicuci supaya enak saat dimakan.

cara menyimpan buah di kulkas

9. Anggur

Cara menyimpan anggur agar tahan lama dan tetap segar yaitu dengan cara menggantungkannya.

cara menyimpan buah anggur

10. Jahe

Bagaimana cara menyimpan jahe yang tepat? caranya yaitu dengan cara menaruhnya di dalam botol yang berisi air panas lalu ditutup rapat dalam botol.

cara menyimpan jahe

Cara Menyimpan Makanan Dalam Kulkas Yang Tepat

Kulkas seringkali menjadi penyelamat agar makanan tetap segar saat dikonsumsi serta dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama. Namun, ada beberapa bahan makanan yang tak bisa bertahan lama. Bahan makanan tertentu akan menimbulkan bau menyengat sehingga dapat menular sampai makanan lainnya.

Agar makanan tidak sampai terbuang, ada baiknya jika tau cara menyimpan makanan di kulkas agar tahan lama dan rasanya tetap terjaga. Maempin akan membagikan tips menyimpan makanan ini dilansir dari hipwee.

11. Jangan mencuci buah sebelum ditaruh ke kulkas karena dapat mempercepat pembusukan buah, begitulah cara menyimpan buah di kulkas yang tepat.


Beberapa buah tertentu seperti alpukat, jeruk, melon, dan pisang tidak akan bertahan lama jika dimasukkan ke dalam kulkas. Cukup menyimpan buah tersebut di kamar atau di udara terbuka.

Untuk buah potong, bisa dengan memberi perasan jus lemon untuk menghambat oksidasi buah serta mencegar warna kecoklatannya, dapat juga dimasukkan ke mangkuk dengan membungkusnya memakai plastic warp.

Buah yang masih segar dapat disimpan di kulkas selama 1 sampai 2 minggu, untuk buah yang telah dipotong dapat disimpan hanya 3 sampai 4 hari.

12. Khusus buah apel, sebaiknya pisahkan dengan buah yang lain karena apel dapat mengeluarkan gas tertentu yang dapat membuat buah dan sayuran lain cepat busuk.

cara menyimpan buah apel di kulkas

Sebaiknya Kamu menyimpan apel secara terpisah dengan buah matang lain. Kamu dapat meletakkan apel dekat dengan buah yang belum terlalu matang supaya lebih cepat matang. Agar tekstur dan rasa apel tak berubah, maka bisa menyimpan apel dengan membungkus dengan plastik berlubang sebelum dimasukkan ke kulkas.

13. Beda halnya dengan buah, cara menyimpan sayuran di kulkas berbeda karena membutuhkan kelembaban lebih tinggi dan lebih cepat busuk daripada buah.

cara menyimpan sayuran di kulkas

Begini cara menyimpan sayuran di kulkas yang tepat yaitu dengan mencuci bersih sayuran untuk mencegah bakteri yang dapat menyebabkan layu. Tunggu sampai kering sebelum dimasukkan ke dalam kantong plastik berlubang atau kertas. Khusus jamur harus dibungkus pakai kertas karena mudah busuk jika dibungkus dengan plastik.

Jauhkan sayuran dari bawang merah, bawang putih, dan buah-buahan untuk menghindari gas yang menyebabkan kekuningan. Letakkan dalam rak atau laci khusus sayuran. Sayuran dapat bertahan 2 sampai 3 hari di dalam kulkas.

14. Cara menyimpan telur yang tepat dengan meletakkan ujung yang kecil berada di bawah supaya tak cepat busuk.

cara menyimpan telur di kulkas

Mencuci telur sampai bersih dan melapnya sampai kering. Kemudian menyimpan telur dalam tempat yang disediakan di kulkas dengan meletakkan ujung kecilnya berada di bawah. Cara menyimpan telur tersebut dapat memastikan kantung udara yang ada di atas tidak tertekan berat telur sehingga tak mudah busuk. Cara menyimpan telur di kulkas dapat bertahan 3 sampai 5 minggu.

15. Pastikan, ikan, daging, dan unggas agar tetap segar pada plastik pembungkusnya, atau dapat menggunakan alas piring jika tidak memakai pembungkus.

cara menyimpan ikan di kulkas

Biarkan ikan, daging, dan unggas tetap dalam pembungkusnya agar tidak terkapar bakteri jika mau disimpan. Jika daging tidak dibungkus saat membeli, bisa memakai piring sebagai alas agar kandungan air tidak menetesi makanan di bawahnya.

16. Produk susu serta olahannya dapat dimasukkan ke kulkas, terutama untuk produk ini. Kemasan merupakan hal yang sangat penting.

cara menyimpan susu di kulkas

Untuk menyimpan susu sebaiknya menggunakan botol plastik sebagai pembungkus. Bakteri mudah tumbuh di kardus karton daripada botol plastik. Jika susu dalam karton sudah dibuka, maka susu harus diminum dalam waktu 7 hingga 10 hari.

17. Memisahkan tomat dan mentimun karena gas dalam tomat dapat membuat mentimun menjadi cepat busuk.

cara menyimpan mentimun dan tomat di kulkas

Sebaiknya gunakan koran atau kertas sebagai alas atau pembungkus supaya tomat dan mentimun selalu kering dan lebih awet dalam kulkas.

18. Cara menyimpan kacang yang tepat yaitu dengan membungkus rapat dalam plastik sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

cara menyimpan kacang di kulkas

Untuk kacang-kacangan ini jenisnya tergantung pada varietasnya. Sebaiknya kacang-kacangan ini dibungkus dengan rapat dalam plastik sebelum dimasukkan ke kulkas supaya dapat bertahan sampai 3-5 hari ke depannya.

19. Menjauhkan bawang-bawangan dari bahan makanan lainnya karena mengandung gas serta bau menyengat, itu cara menyimpan sayuran yang tepat.

cara menyimpan bawang di kulkas

Mencuci bersih bawang setelah dikupas, lalu menyimpan dalam wadah plastik kedap udara sebelum masuk di kulkas supaya baunya tidak mencemari bahan makanan lainnya. Bawang dapat bertahan sampai 4 hari ke depan.

Baca juga: 7 varian unik Bakso Nusantara

20. Sisa makanan yang dimasak, dapat disimpan dalam wadah yang kedap udara untuk meminimalkan bau busuk.

cara menyimpan sisa masakan di kulkas

Cara menyimpan sisa masakan bisa diletakkan dalam wadah horizontal supaya dapat dingin dengan cepat. Pastikan tahan bocor serta kedap udara. Jika makanan baru selesai dimasak, dinginkan sisa makanan selama dua jam setelah memasaknya. Makanan sisa yang ada dagingnya bisa disimpan di kulkas selama 3-4 hari.

Makanan yang disimpan dengan benar di kulkas dapat bertahan lebih lama dan terjaga kesegarannya. Banyak cara menyimpan bahan makanan yang dapat Kamu terapkan dalam keseharian memasak. Apa kamu sudah menerapkan salah satunya?
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: