Wednesday, September 5, 2018

Sejarah Bakso Dan Siapa Penemu Sebenarnya

Sejarah bakso sepertinya masih belum banyak diketahui orang, apalagi siapa penemu bakso sesungguhnya. Padahal bakso sudah dikenal dimanapun.

Bakso kini sudah dijual di berbagai tempat. Kalian bisa menemukan dengan mudah penjual bakso. Kini sudah banyak bakso yang beraneka ragam di pasaran, seperti halnya bakso urat, bakso daging, bakso, ikan, sampai bakso beranak.

Tak hanya itu ketika musim hujan tiba, bakso sangat enak dimakan baik siang atau malam. Sejenak ulasan dari kelezatan bakso ini. Apa kalian tau sejarah bakso dan penemunya?

Sejarah Bakso dan Siapa Penemu Sesungguhnya

Dalam ulasan ini maempin akan berbagi tentang sejarah bakso dan siapa orang yang pertama kali menemukan bakso.

Pada abad 17 dinasti ming, hidup seorang pria bernama Fuzhou di desa kecil. Dia orang yang berbakti kepada orangtua. Meng Bo cuma tinggal berdua dengan ibunya. Kondisi ibunya sudah mulai tua serta tak bisa mengonsumsi daging lagi karena giginya yang mulai rapuh.

sejarah bakso

Meng Bo tau jika ibunya yang suka makan daging menjadi sedih melihat kondisi itu. Dia memikirkan bagaimana cara mengolah daging supaya dapat dimakan ibunya. Saat Meng Bo melihat tetangga menumbuk beras ketan untuk dijadikan kue mochi dia mendapat ide. Meng Bo lalu mengambil daging di dapur kemudian menumbuk daging dengan cara sama seperti yang dilakukan tetangganya.

Setelah empuk dagingnya, Meng Bo membuatnya menjadi bulatan kecil sehingga ibunya bisa makan dengan mudah. Setelah bulatan kecil terbentuk, lalu ia merebus adonan itu sampai tercium bau daging yang lezat.

Selanjutnya dari sejarah bakso yaitu, Meng Bo menyajikan bakso kepada ibunya, dan ibunya senang karena mudah dimakan dan rasanya lezat. Kisah Meng Bo yang berbakti pada ibunya dan resep baksonya dengan cepat menyebar di kota Fuzhou. Dari sini akhirnya penduduk datang belajar membuat bakso dari Meng Bo.

Beberapa orang mengira sejarah bakso adalah makanan khas Indonesia, namun sebenarnya asal bakso yaitu dari Tionghoa. Meskipun demikian makanan ini tentu masih menjadi favorit banyak orang.

Bakso sendiri terdiri dari dua kata, dalam bahasa hokian, "bak" yang artinya babi, dan "so" yang artinya makanan. Jadi bakso adalah olahan makanan dari daging babi. Itulah asal arti bakso sebenarnya.

Baca Juga: 7 Varian Bakso Unik Nusantara

Di Indonesia sendiri mayoritas penduduknya muslim, sehingga bakso diolah menggunakan daging sapi, ikan atau yang lain.

Itulah sejarah bakso yang sesungguhnya dan juga penemu bakso. Semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: