Thursday, May 9, 2019

Pilih Rumah Atau Apartemen? Ini Jawabannya

Gaya hidup di kota besar saat ini telah menuntut tempat tinggal yang praktis, terutama untuk menuju ke tempat kerja. Anda tentu ingin memiliki rumah di sekitar kantor, karena akan lebih memudahkan untuk bekerja ke depannya.


Dengan keterbatasan lahan di kota besar, kondisi tersebut ditangkap pengusaha properti sebagai peluang bisnis. Mereka menawarkan apartemen sebagai solusi tempat tinggal yang cocok untuk masa kini.

Sebenarnya bagaimana proses membeli apartemen atau rumah? berikut ulasannya.

Mengenali Kebutuhan sebelum memilih rumah atau apartemen

Perlu pemikiran yang matang sebelum membeli properti, karena butuh biaya besar untuk membelinya. Pertimbangkan apa saja yang dibutuhkan serta lokasi sesuai kebutuhan. Tempat tinggal yang akan Anda beli tentunya akan ditempati dalam waktu lama. Jadi, jangan sampai salah pilih.

Dasar untuk memilih jenis hunian yaitu kebutuhan serta tujuan jangka panjang apa yang ingin dicapai. Membeli tempat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup tentu menjadi pertimbangan yang sangat penting. Seperti halnya di kota besar seperti Jakarta, ada banyak apartemen di Jakarta Timur yang dapat menjadi pilihan sebagai hunian.

Hal yang perlu dipertimbangkan secara umum sebelum membeli rumah atau apartemen, yaitu lokasi dan biaya, serta luas bangunan yang diinginkan. Pertimbangan tersebut sangat penting karena rumah atau apartemen akan menjadi tempat tinggal dalam waktu lama.

Sebelum memilih untuk membeli rumah atau apartemen, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut.
  • Memahami status hak milik rumah dan apartemen. 
Ada perbedaan antara status hak milik rumah dan apartemen. Membeli rumah berarti Anda memiliki rumah, sekaligus dengan tanahnya. Sedangkan membeli apartemen, maka Anda hanya memiliki ruangan di dalamnya saja.
  • Mempertimbangkan proses dan biaya pemeliharaan.
Apabila Anda membeli rumah, maka Anda yang bertanggung jawab atas semua perawatannya. Sedangkan jika membeli apartemen, maka pengelola yang bertanggung jawa atas pemeliharaannya.
  • Fitur komunitas apartemen lebih tertata rapi.
Membeli apartemen memiliki kelebihan tersendiri seperti adanya fitur komunitas, seperti kolam renang, lapangan tenis, dan fasilitas lain yang lebih mudah digunakan. Sedangkan jika membeli rumah, maka untuk memiliki fitur tersebut memerlukan biaya yang cukup mahal.

Perbandingan antara Apartemen dan Rumah

Apabila Anda masih bingung dalam menentukan untuk membeli rumah atau apartemen, maka perhatikan keuntungan dari membeli rumah dan apartemen berikut. Ada banyak apartemen di Jakarta Barat yang dapat menjadi pilihan Anda. Tentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebelum memutuskan membeli hunian yang tepat.

Keuntungan Memiliki Apartemen

1. Lokasi strategis dan dekat perkantoran sehingga lebih mudah dijangkau.
Jika Anda memiliki mobilitas yang tinggi, maka apartemen sangat cocok untuk dipilih. Lokasi apartemen biasanya berada di tempat strategis wilayah perkotaan sehingga akses menjadi lebih mudah dan cepat.

2. Fasilitas lebih mewah dan lengkap
Fasilitas yang ditawarkan apartemen pada umumnya fasilitas mewah dan lengkap. Hal tersebut menjadi daya tarik apartemen. Fasilitas standar yang diberikan seperti kolam renang, lapangan tenis, tempat spa, dan lainnya.

3. Apartemen lebih praktis
Apartemen memberi solusi gaya hidup lebih praktis untuk pembelinya karena semua fasilitas kebersihan dan pemeliharaan gedung menjadi tanggung jawab pengelola. Pemilik apartemen cukup membayar service charge saja.

4. Memiliki Apartemen dapat meningkatkan prestise pemiliknya
Apartemen merupakan salah satu simbol kesuksesan seseorang, dari bentuk finansial dan status sosial yang tinggi. Dilihat dari lokasi dan fasilitas apartemen hampir mirip dengan hotel.

Setelah Anda mengetahui keuntungan dari membeli apartemen, maka Anda dapat membandingkan -nya dengan keuntungan dari membeli rumah berikut.

Keuntungan Memiliki Rumah

1. Membeli rumah berarti membeli lahan juga.
Apabila Anda membeli rumah, maka lahannya juga menjadi milik Anda, seperti taman, tempat bersantai, dan sebagainya. Anda dapat mengubahnya sesuai keinginan. Hal itu tidak dapat dilakukan pada apartemen karena ruangannya terbatas dan lahan milik bersama.

2. Rumah memiliki keunggulan mudah dijual lagi.
Rumah kini semakin diminati masyarakat, apalagi tinggal di apartemen dipenuhi rasa jenuh. Rumah dapat dijual kembali dengan mudah, bahkan sertifikatnya dapat digadaikan jika Anda memerlukan dana dalam keadaan mendesak.

3. Pemilik rumah merasa lebih nyaman karena memiliki dua legalitas.
Pemilik rumah lebih terjamin karena memiliki rumah dan tanah dalam bentuk sertifikat legal. Kemudahan mengelola rumah menjadikannya lebih fleksibel dalam urusan jangka panjang.

Dengan membandingkan keuntungan diantara keduanya, maka Anda dapat mempertimbangkan serta memilih hunian yang tepat. Membeli rumah atau apartemen membutuhkan biaya yang tak sedikit.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: