Sunday, August 26, 2018

Cara Menyimpan Daging Kambing Agar Tahan Lama Tanpa Bau Amis

Masih punya sisa daging kambing dari kurban? Kamu bisa mengikuti cara menyimpan daging kambing agar tahan lama tanpa bau amis ini supaya daging kambing tetap terjaga kualitas dan kesegarannya, maka harus menyimpannya dengan tepat.

Cara menyimpan daging kambing agar tidak bau dan awet perlu dilakukan agar saat mengolah nanti, daging kambing masih tetap segar dan enak. Berikut maempin sajikan tips menyimpan dagingnya.

Cara Menyimpan Daging Kambing Agar Tahan Lama


cara menyimpan daging supaya tahan lama

Rahasia cara menyimpang daging kambing yang tepat adalah dengan memanfaatkan lemari es dengan benar. Seperti daging lainnya, daging kambing juga beresiko mengontaminasi makanan lainnya dengan bakteri sehingga jauhkan daging kambing dari jenis makanan lainnya saat disimpan.

Tips Menyimpan Daging Kambing Di Lemari Es

Jika ingin menyimpan daging kambing dalam waktu singkat, maka bisa menyimpan dalam bagian pendingin saja. Atur suhunya sekitar 2-4 derajat.

Sebelum disimpan, sebaiknya daging kambing dibungkus rapat terlebih dahulu dengan plastic wrap atau lainnya, kemudian letakkan piring supaya tak langsung bersentuhan dengan dasar lemari es.

Jangan mengeluarkan daging dari pembungkus jika Kamu membeli daging di supermarket supaya daging tak bersentuhan dengan udara luar.

Dengan menyimpan di pendingin, daging berukuran besar akan bisa tahan hingga 5 hari. Sedangkan daging kambing cincang hanya bertahan satu hari karena banyak permukaan yang bersentuhan dengan udara.

Tips Menyimpan Daging Kambing Di Freezer

Jika ingin menyimpan daging kambing dalam waktu lama, maka bisa memanfaatkan freezer sebagai penyimpanan.
Lebih baik jika punya freezer khusus daging sendiri. Atur suhu dibawah (-17) derajat celcius agar tidak ada bakteri yang muncul. Pembungkus daging kambing yang dibekukan harus lebih ketat.

Bungkus dengan menggunakan plastic wrap, kemudian bungkus lagi dengan aluminium foil supaya kelembabannya tak hilang.

Menyimpan daging kambing dengan benar akan membuatnya dapat bertahan lama, potongan kecil awet disimpan hingga 3-4 bulan, sedangkan potongan besar bisa tahan hingga 6-9 bulan.

Baca juga: bumbu sate kambing sebelum dibakar

Cara Menggunakan Daging Kambing Dari Freezer

Jika ingin memakai daging kambing dari freezer, maka pindahkan dulu ke lemari pendingin supaya tidak beku. Biarkan daging kembali dalam tekstur normal secara perlahan.

Setiap 450 gram, daging perlu dibiarkan dahulu di kulkas selama 6 jam. Jangan biarkan daging dalam suhu ruang sebelum dimasak, serta jangan ada cairan yang keluar dari daging kambing yang tercecer di kulkas.

Sumber: sajiansedap.grid.id

Itulah cara menyimpan daging kambing yang tepat agar awet dan tidak bau amis. Pastikan hidangan kambing yang dibuat juga terasa sedap agar dagingnya bisa dinikmati dengan lezat.

Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: