-->

Tips Belanja Online Saat Harbolnas

Menjelang tahun baru, tentu ada banyak brand dan toko online yang memberikan diskon dan promo pada produk yang dijualnya. Bahkan sebelum bulan desember, Anda seringkali menemukan iklan dari berbagai media, dan salah satunya ada yang menjelaskan Harbolnas.

harbolnas

Harbolnas

Harbolnas singkatan dari Hari Belanja Online Nasional merupakan hari perayaan untuk mengedukasi masyarakat serta mendorong untuk berbelanja lebih mudah yakni secara online. Pertama kali disebutkan pada tahun 2012 oleh perusahaan-perusahaan e-commerce Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA).

Anda bisa mendapatkan promo dan diskon besar-besaran dari berbagai e-commerce saat hari belanja online nasional ini. Harbolnas memiliki konsep yang mirip dengan acara diskon besar tahunan yang diadakan di beberapa negara seperti Jepang, Amerika, Inggris, dan Jerman.

Saat pencetusan pertama, Harbolnas ditujukan untuk mengedukasi masyarakat tentang belanja online, karena para pengguna yang menjadi sasaran perusahaan e-commerce pada awalnya masih banyak yang merasa takut dan ragu untuk membeli barang dengan online.

Dengan adanya program acara Harbolnas, hal itu bisa mendatangkan banyak keuntungan. Bahkan, tak perlu menunggu bulan desember, beberapa marketplace sudah menawarkan diskon besar pada hampir setiap bulan. Hal itu mengikuti tren diskon besar seperti perkembangan zaman saat ini.

Banyak brand produk dan layanan yang mengikuti program harbolnas. Mereka bertujuan agar setiap brand dan e-commerce bisa mendapatkan keuntungan bersama. Dengan adanya harbolnas, penyelenggara berharap agar UKM tidak ragu untuk memakai aplikasi e-commerce untuk media jualan.

Tips Belanja Saat Harbolnas

Bagaimana cara menghadapi harbolnas? Saat Harbolnas, setiap orang berlomba-lomba menyiapkan tokonya dengan diskon produk yang dapat menarik minat para calon pembeli. Kebiasaan yang sering muncul saat musim diskon seperti harbolnas yaitu sifat konsumtif yang terus-terusan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan tips belanja online saat harbolnas.

1. Menentukan Budget Belanja Online

Saat terjadi musim diskon dan banyak orang belanja besar-besaran, maka Anda akan mudah terpancing untuk belanja juga. Apabila Anda menghabiskan dana yang melebihi budget, meski sudah ada diskon, tetap Anda tak bisa berhemat. Jadi, tentukan dulu budget yang ingin dikeluarkan untuk belanja online saat harbolnas.

2. Melakukan Riset

Sebelum musim diskon dimulai, Anda harus mengetahui produk apa yang dibutuhkan untuk dibeli. Selain untuk memenuhi kebutuhan, hal itu dapat menghemat pengeluaranmu. Lakukan riset di berbagai marketplace. Pastikan untuk mengecek apakah harga yang ada di toko online atau marketplace lebih murah daripada beli langsung di toko.

3. Mempertimbangkan Cara Pembayaran

Ada berbagai cara pembayaran yang dapat digunakan untuk membeli produk secara online. Anda harus mengetahui bagaimana cara menggunakan pembayaran dengan tepat. Pastikan Anda sudah menyiapkan dana sebelum musim diskon dimulai sehingga Anda tidak kesulitan saat belanja online.

5. Mencermati Hak Sebagai Pembeli

Beberapa produk kecuali makanan memiliki garansi selama beberapa bulan hingga tahun. Jika Anda mendapatkan garansi dari barang yang Anda beli, maka Anda harus paham tentang garansi tersebut.

6. Baca Aturan Baik-baik

Dengan adanya program harbolnas, Anda bisa memperoleh keuntungan yang ditawarkan seperti diskon harga, cashback, dan gratis ongkir. Namun jika ada aturan di toko online yang menjual produk yang Anda inginkan, sebaiknya baca dengan teliti terlebih dulu.

7. Berpikir Panjang Sebelum Belanja

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan manfaat dan fungsi dari produk yang akan dibeli. Pastikan Anda membeli dari penjual yang sudah terpercaya. Jangan sampai Anda tertipu dengan diskon besar sampai tak dapat menikmati musim promo berlangsung.

Demikian tips belanja online saat harbolnas yang bisa Anda lakukan saat program tersebut berlangsung. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Belanja Online Saat Harbolnas"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel