-->

Aksesoris Kamera Yang Wajib Dimiliki Seorang Fotografer

Memiliki kamera untuk kegiatan fotografi atau lainnya harus didasari dengan rasa memiliki dan memelihara yang baik. Untuk menjaga kualitasnya, ada beberapa peralatan yang wajib untuk diperhatikan demi memberikan performa yang baik saat digunakan. Meskipun Anda bukan seorang photographer professional namun memiliki alat ini wajib untuk pemeliharaan.

aksesoris kamera

Peralatan dan Aksesoris Kamera Paling Penting

Berikut peralatan dan aksesoris kamera paling penting yang dibutuhkan seorang fotografer.

1. Tas kamera

Kerentanan bagian kamera terhadap benturan memang sangat sensitif. Untuk melindunginya Anda membutuhkan tas khusus yang saat ini tersedia dalam berbagai varian. Mulai dari harga yang murah hingga jutaan bahkan dengan model dan bentuk yang berbeda. Jika takut untuk terkena air, Anda bisa membeli tas kamera anti air yang saat ini banyak tersedia di berbagai lokasi penjualan.

2. Kit pembersih

Lensa yang sehat bisa menghasilkan foto yang jernih dan sesuai dengan keinginan. Ketika lensa sudah tidak bersih lagi biasanya fokus dari lensa tersebut pun bisa berkurang. Anda bisa membeli kit pembersih dengan harga yang murah. Peralatan ini sangat penting untuk memastikan jika lensa terbebas dari debu sebelum digunakan. Bahkan bisa mencegah dari berkembangnya jamur.

3. Dry box

Tidak banyak yang tahu jika dry box ternyata sangat penting untuk dimiliki. Setiap bagian dari alat kamera yang Anda miliki sensitif dengan kelembaban yang ada pada ruangan. Hal itu bisa diatasi dengan membeli dry box dimana Anda bisa mengatur kelembabannya. Biasanya penjual kamera akan menyediakan peralatan ini untuk menyimpan berbagai alat seperti lensa dan kamera Anda.

4. Tripod kamera

Penggunaan tripod memang sangat opsional. Bagi Anda yang tidak begitu membutuhkannya lebih baik membeli untuk berjaga-jaga. Ketika Anda ingin menghasilkan foto atau video yang tegak dan tidak goyang maka tripod ini sangat dibutuhkan. Saat ini tersedia berbagai variasi tripod yang dijual dipasaran termasuk gorilla pod yang saat ini bisa Anda sesuaikan pengaturannya.

5. Memory card holder

Memiliki banyak cadangan memori maka Anda harus memastikan jika tidak berserakan atau kehilangan salah satunya. Hal tersebut bisa diatasi dengan membeli memory card holder yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan memory tersebut. Biasanya ada banyak card holder yang bisa Anda variasikan penyimpanannya. Termasuk untuk menamai memory tersebut bergantung penggunaannya.

6. Tali kamera

Harga yang mahal membuat setiap orang ingin memastikan jika selalu aman untuk menggunakan kameranya. Lensa atau kamera yang terjatuh pastinya akan sulit untuk diperbaiki bahkan tidak akan bisa digunakan lagi. Untuk menjaga keamanannya Anda bisa membeli tali kamera agar bisa mencegah jika suatu saat akan jatuh atau terkena beberapa benturan.

7. LCD protector

Beberapa kamera seperti mirrorless dan yang touchscreen lainnya harus menggunakan LCD protector. Jika terjadi suatu goresan maka akan merusak secara langsung LCDnya. Ketika sudah rusak maka harganya sama saja seperti ketika Anda membeli kamera yang baru. Maka dari itu penting untuk memperhatikan keamanan LCD protector dengan membeli anti gores yang sesuai.

8. Baterai cadangan

Tidak semua orang berkeinginan untuk membeli baterai cadangan. Akan tetapi, ketika pada waktu mendadak atau Anda kelupaan untuk mengisi daya baterai hal ini akan membuat situasi buruk. Membeli baterai cadangan bisa menjaga jika suatu saat baterai tiba-tiba saja habis padahal kamera yang Anda gunakan masih dibutuhkan.

Setelah memiliki alat-alat tersebut Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan atau membawa kamera ke manapun. Semua alat tersebut bisa Anda andalkan di kala situasi sedang tidak mendukung. Misalnya baterai cadangan yang bisa digunakan ketika Anda membutuhkan kamera untuk hal yang penting. Atau kit pembersih yang wajib dimiliki untuk pemelihara dan menjaga dari jamur.

0 Response to "Aksesoris Kamera Yang Wajib Dimiliki Seorang Fotografer"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel