Thursday, November 1, 2018

5 Makanan Penyebab Asam Urat Yang Harus Dihindari

Makanan penyebab asam urat ada cukup banyak. Bayak dari sebagian besar masyarakat Indonesia yang mengidap asam urat, khususnya yang telah berusia lanjut atau di atas usia 30-an. Penyakit asam urat sendiri menyerang bagian sendi-sendi tubuh Anda dengan ditandai rasa nyeri di sendi secara berulang-ulang dan menyerang secara tiba-tiba. Mungkin sudah banyak bermunculan cara untuk mengobatinya, namun tidak ada salahnya juga Anda menghindari makanan penyebab asam urat agar tidak semakin parah.

Makanan Penyebab Asam Urat

Dengan menghindari makanan penyebab asam urat, selain menjaga sendi agar tetap sehat, paling tidak Anda juga mengurangi rasa sakit yang akan timbul karena asam urat. Banyak makanan yang menjadi penyebab rasa sakit di sendi-sendi Anda tersebut, seperti beberapa jenis makanan berikut ini:

1. Jeroan

jeroan
Source: hellosehat.com

Ini adalah makanan paling utama yang harus Anda hindari, sebab jeroan yang terdiri dari hati, ampela, otak, usus dan juga impla dari hewan-hewan seperti ayam atau sapi ini mengandung purin yang sangat tinggi. Jadi jika Anda mengonsumsinya akan berisiko pada penyakit asam urat yang Anda derita semakin meningkat. Apalagi jika kadar asam urat Anda sudah berada di atas normal, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi jeroan demi kesehatan sendi Anda.

2. Kacang-kancangan

Selain jeroan, makanan yang wajib Anda waspadai adalah yang terbuat dari kacang-kacangan seperti tauge, kacang hijau, kacang tanah, dan juga melinjo. Dikarenakan, jenis kacang-kacangan tersebut merupakan sumber protein nabati yang di dalamnya mengandung purin yang tinggi sehingga memicu masalah pada sendi Anda karena asam urat. Jadi, sebaiknya jika Anda menghindari makanan-makanan yang memakai kacang-kacangan tersebut sebagai bahan dasar ataupun bahan campuran.

3. Daging Merah

Daging merah memang bisa menjadi bahan dasar untuk mengolah berbagi macam jenis makanan. Seperti rendang, steik, dan lain sebagainya. Daging merah yang kebanyakan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah daging sapi atau kambing, yang mengandung purin yang tinggi dan bisa menyebabkan asam urat jika dikonsumsi secara berlebihan. Anda tidak perlu khawatir kekurangan protein, sebab Anda masih bisa menggantinya dengan daging putih seperti daging ayam, atau bisa juga dengan sumber protein nabati yang aman dan alami yang berasal dari kedelai, bisa berupa susu kedelai, tahu dan tempe.

4. Makanan Laut

Jika Anda penggemar seafood tetapi menderita penyakit asam urat, sebaiknya Anda mulai mengurangi mengkonsumsi makanan laut, seperti yang menggunakan beberapa macam jenis hewan laut. Anda harus menghindari ikan teri, ikan sarden, cumi-cumi, ikan makarel, dan juga Anda harus menghindari makanan yang terbuat dari hewan laut yang bercangkang seperti kepiting, kerang, dan juga lobster. Makanan laut memang harus dihindari oleh Anda yang memiliki asam urat karena makanan laut tersebut mengandung purin di dalamnya dengan kadar yang cukup tinggi. Jika Anda ingin tetap makan ikan, sebaiknya Anda beralih pada ikan salmon yang kadar purinnya masih terbilang rendah, asalkan Anda tetap memiliki batas untuk mengkonsumsinya agar tidak berlebihan dan membuat asam urat kambuh.

Baca juga: 4 makanan yang bikin gemuk

5. Beberapa Jenis Sayuran

Memang makanan yang terbuat dari sayuran itu menyehatkan. Namun bagi Anda yang menderita asam urat, tetaplah memiliki pengecualian terhadap beberapa sayuran untuk tidak dikonsumsi atau mengonsumsinya dengan tidak berlebihan. Beberpa jenis sayur tersebut adalah bayam, jamur kuping, kol, daun papaya, buncis, dan juga daun singkong, sebab beberapa jenis sayur tersebut diketahui mengandung purin yang cukup tinggi dan apabila dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan sakit di persendian Anda karena asam urat.

Itulah beberapa makanan penyebab asam urat yang harus Anda hindari demi menjaga kesehatan sendi Anda. Selanjutnya bisa membaca 5 makanan ringan yang mudah dibuat.

Latest
Next Post
Related Posts

0 komentar: