-->

5 Makanan Ringan Yang Mudah Dibuat Sendiri Di Rumah

Makanan ringan memang paling cocok dijadikan teman bersantai di rumah, apalagi sambil menonton televisi atau berkumpul bersama keluarga di akhir pekan. Bukan hanya itu, bersantai sendiri juga membutuhkan makanan ringan agar tidak membosankan. Kini, banyak jenis makanan ringan yang mudah dibuat di rumah yang nggak ribet. Makanan ringan tidak harus membelinya di luar, bukan?

Makanan Ringan Yang Mudah Dibuat

Makanan ringan yang mudah dibuat di rumah sendiri juga lebih menguntungkan. Sebab Anda tidak perlu khawatir soal kandungan di dalamnya, karena Anda bisa memakai bahan yang aman tanpa perlu ragu atau takut makanan ringan yang Anda buat berdampak buruk untuk kesehatan. Asal, pengolahannya tepat dan juga mengonsumsi makanan ringannya dengan porsi yang tidak berlebihan. Apalagi untuk yang sedang dalam program diet, tetap bisa makan camilan dengan membuat sendiri camilan sehatnya di rumah. Berikut, beberapa makanan ringan yang mudah pembuatannya dan bisa dipraktikkan di rumah:

1. Tahu Aci

Tahu Aci, merupakan salah satu makanan ringan yang berasal dari Tegal, Jawa Tengah. Makanan ringan ini perpaduan dari tepung aci atau biasa juga disebut tepung kanji dan tahu. Bahan-bahan yang diperlukan untuk mwmbuat Tahu Aci cukup sederhana dan mudah didapatkan, seperti tahu kuning―kalau tidak ada bisa juga diganti dengan tahu putih biasa, tepung aci atau tepung kanji, 2 batang seledri, 4 butir bawang merah dan 2 butir bawang putih, merica bubuk, dan penyedap rasa.

tahu aci
Source: alviya.com
Cara memnbatnya sangat mudah. Tahu yang sudah digoreng dipotong menjadi dua bagian, lalu lubangi bagian tengahnya untuk diisi dengan adonan tepung aci yang sudah dicampur dengan bumbu, selanjutnya digoreng hingga matang dan siap disajikan. Tahu aci sangat nikmat disajikan selagi hangat dengan ditemani minuman teh atau kopi.

2. Risoles

Makanan ringan yang satu ini memng mudah ditemukan, karena biasanya dijajakan di banyak tempat seperti di pasar ataupun pedagang di pinggir jalan. Tetapi Anda bisa membuatnya sendiri di rumah sebagai teman bersantai, karena membuatnya pun begitu mudah. Untuk kulit risolesnya, Anda bisa membeli yang sudah jadi jika tidak mau ribet membuatnya. Jadi, Anda cukup menyiapkan bahan untuk isiannya saja.

3. Seblak Sederhana

Makanan khas dari Jawa Barat ini, bisa dibuat dengan mudah di rumah kerena bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat. Makanan ringan yang berbahan utama kerupuk ini memang paling cocok disajikan dengan rasa yang pedas, bercampur dengan rasa gurih yang tentu saja bikin nagih.

Baca juga: 5 makanan yang bikin gemuk badan dengan cepat

4. Cireng Nasi

cireng nasi
Source: vemale.com
Daripada nasi sisa dibuang, lebih baik diolah menjadi makanan ringan yang bisa menemani saat-saat bersantai di rumah. Dengan mengolah nasi menjadi Cireng Nasi yang lezat dan gurih. Langkah membuatnya cukup sederhana, dengan mencampurkan nasi, tepung tapioka dan air, lalu aduk dan dicampur dengan bumbu-bumbu untuk memberikan rasa yang nikmat pada Cireng Nasi tersebut, seperti garam dan kaldu bumbu. Selanjutnya digoreng hingga kering di bagian luarnya, dan siap disajikan.

5. Biskuit Goreng

Bosan dengan sajian biskuit yang begitu-begitu saja? Nah, Anda bisa membuat sesuatu yang berbeda. Kali ini, Anda bisa menggunakan biskuit sebagai bahan dasar membuat makanan ringan. Biskuit goreng ini termasuk makanan ringan yang memiliki dua perpaduan rasa, yaitu manis dan gurih berpadu menjadi satu. Anda juga bisa membuat biskuit goreng dengan isian berbagai macam, seperti cokelat ataupun berbagai macam selai rasa.

Bagaimana, tertarik dengan makanan ringan yang mudah dibuat seperti di atas? Yuk dicoba, agar waktu santainya lebih nikmat!

0 Response to "5 Makanan Ringan Yang Mudah Dibuat Sendiri Di Rumah "

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel