Tips Yang Bisa Diterapkan Agar Lemari Es Hemat Listrik

Tagihan listrik yang membengkak di akhir bulan, tak jarang membuat ibu rumah tangga menjadi uring-uringan. Tagihan listrik yang banyak bisa saja terjadi karena faktor penggunaan listrik yang kurang terkontrol. Peralatan elektronik menjadi salah satu penyedot listrik yang cukup besar. Salah satu peralatan elektronik yang membutuhkan daya yang cukup besar adalah lemari es atau kulkas. Peralatan elektronik yang satu ini memang hampir digunakan sepanjang waktu dan selalu terhubung dengan listrik dalam kinerjanya. Bahkan bisa dikatakan kulkas akan dimatikan saat dibersihkan saja.

Tips Yang Bisa Diterapkan Agar Lemari Es Hemat Listrik

Lemari es rata-rata menyedot daya listrik yang cukup besar. Namun kini sudah banyak produk keluaran terbaru yang didesain agar lebih hemat dalam pengunaan daya listrik. Seperti lemari es dengan sensor econavi plus inverter dari Panasonic yang didesain mampu menghasilkan penghematan energi yang optimal. Dengan sensor econavi ini secara otomatis lemari es akan mengenali kondisi sekitar dan mengoptimalkan pengoperasian. Pendinginan kulkas akan maksimal pada waktu-waktu sering dibuka dan minimal pada waktu kulkas jarang dibuka.

Sensor econavi pada lemari es ini baru dimiliki oleh Panasonic, sehingga jika mencari produk lemari es hemat daya listrik dengan kemampuan unggulan sensor econavi bisa menjatuhkan pilihan pada merk yang satu ini. Nah, selain menggunakan produk yang memang sudah didesain mampu menghemat penggunaan listrik, sebaiknya juga dibarengi dengan penggunaan lemari es yang bijak dan tepat. Berikut ini tips hemat listrik untuk penggunaan lemari es yang perlu Anda ketahui, yaitu:
  1. Menempatkan lemari es di tempat yang sejuk, tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung dan jauh dari sumber panas lainnya, seperti kompor, microwave, dll.
  2. Tidak terlalu sering membuka dan menutup lemari es, serta tidak membiarkan pintu lemari es terbuka dalam waktu yang lama.
  3. Hindari mengatur suhu lemari es terlalu dingin. Idealnya lemari es berada pada suhu 2-4 derajat Celcius untuk bagian pendinginnya dan -15 derajat Celcius untuk freezer-nya.
  4. Hindari memasukkan makanan dan minuman yang masih panas ke dalam kulkas.
  5. Gunakan lemari es untuk menampung makanan yang disimpan dalam porsi wajar.
  6. Rawat lemari es dengan baik dan pastikan komponennya berjalan dengan lancar.
  7. Hindari membiarkan lemari es kosong karena justru akan membutuhkan daya listrik yang lebih besar.
Demikian tips menghemat listrik pada lemari es yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Yang Bisa Diterapkan Agar Lemari Es Hemat Listrik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel