-->

Resep Roti Bakar Sederhana Kekinian Yang Enak Dan Lembut

Roti bakar merupakan salah satu camilan hits di kalangan anak muda. Rasanya yang manis dan gurih sangat sesuai dipadukan dengan minuman apa saja. Resep roti bakar sederhana ini dapat menjadi panduan untuk membuat roti bakar kekinian yang enak dan lembut di rumah. Tak hanya anak muda saja, makanan ini kerap digemari banyak kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang tua.

Cara membuat roti bakar terbilang sangat mudah. Bahkan Anda dapat menjualnya sebagai usaha jajanan rumahan serta mendapat keuntungan dari resep roti bakar kekinian ini. Sesuai dengan namanya, roti bakar adalah roti yang diolah dengan cara dibakar. Tak seperti roti pada umumnya, cara memasak roti ini biasanya dipanggang menggunakan oven roti atau panggangan sendiri seperti yang digunakan para penjual roti bakar.

Resep Roti Bakar Sederhana Dan Kekinian

Masih belum tau cara membuat roti bakar? untuk proses pembuatan roti bakar tidaklah sulit. Bahan roti bakar juga mudah didapatkan. Masipin akan menunjukkan beberapa resep roti bakar sederhana yang dapat Anda praktekkan langsung di rumah.

Resep Roti Bakar Coklat

roti bakar coklat - resep roti bakar sederhana
Roti bakar coklat, (Source: panggangansosis.id)
Roti bakar coklat menjadi salah satu menu yang laris dijual. Banyak orang yang menyukai roti bakar yang satu ini, rasanya manis dan gurih.

Bahan roti bakar coklat
  • Roti tawar tanpa kulit 4 lembar
  • Meses ceres coklat secukupnya
  • Mentega (blueband) secukupnya

Cara Membuat Roti Bakar Coklat
  1. Oleskan mentega pada roti tawar, kemudian taburkan meses coklat. Tutup bagian atasnya dengan selembar roti yang lain. 
  2. Agar tidak lengket, oleskan sedikit mentega di atas dan bawah roti. 
  3. Panaskan teflon, kemudian bakar roti tersebut dengan api kecil sambil ditekan rotinya.
  4. Balikkan roti sampai dua sisinya berubah warna hingga kecoklatan. Potong satu roti tersebut menjadi 4 bagian. 
  5. Angkat dan sajikan saat hangat. 

Resep Roti Bakar Coklat Keju Spesial

roti bakar coklat keju - resep roti bakar kekinian

Roti bakar spesial ini ada paduan antara coklat dan keju. Jadi, rasanya ada manisnya dan sedikit asin karena rasa kejunya.

Bahan Roti Bakar Coklat Keju
  • Roti tawar 6 lembar
  • Margarin secukupnya
  • Susu coklat kental manis secukupnya
  • Meses coklat secukupnya
  • Keju parut secukupnya

Cara Membuat Roti Bakar Coklat Keju
  1. Olesi roti tawar dengan margarin secukupnya.
  2. Panggang roti di atas teflon yang sudah diberi margarin dengan api kecil.
  3. Tambahkan meses coklat dan keju parut di atas roti, kemudian beri susu coklat juga. 
  4. Tutup pada bagian atas dengan roti tawar lain yang sudah diolesi margarin.
  5. Jika roti bagian bawah sudah matang, balik roti dan panggang sampai matang. 
  6. Saat roti sudah berwarna kuning kecoklatan, angkat segera dan sajikan selagi masih hangat. 

Resep Roti Bakar Pisang Coklat

roti bakar pisang coklat - resep roti bakar sederhana
Roti bakar pisang coklat
Roti bakar pisang coklat tentu didalamnya ada pisang dan coklatnya. Jika Anda menyukai pisang, maka bisa memilih roti bakar pisang coklat ini. 

Bahan Roti Bakar Pisang Coklat
  • Roti tawar 3 lembar
  • Susu kental manis coklat secukupnya
  • Pisang kepok ukuran kecil 2 buah
  • Mentega secukupnya

Cara Membuat Roti Bakar Pisang Coklat
  1. Mentega dioleskan pada roti tawar, kemudian taburkan meses di atasnya, lalu taruh pisang di atasnya. 
  2. Tutup bagian atas itu dengan selembar roti lain yang telah diolesi mentega (agar mesesnya menempel di roti).
  3. Oleskan mentega sedikit di atas dan bawah roti agar tidak lengket.
  4. Panaskan pemanggang roti, kemudian bakar roti dengan api kecil lalu di tekan-tekan. 
  5. Balik roti sampai kedua sisinya berwarna kecoklatan.
  6. Potong satu roti menjadi 4 bagian, lalu angkat dan sajikan selagi hangat. 

Resep Roti Bakar Sandwich

roti bakar sandwich - resep roti bakar
Roti bakar sandwich, (Source: mixerroti.id)
Inilah salah satu roti bakar sandwich yang lezat. Dipadukan dengan isi telur, tomat, dan selada membuat rasanya semakin nikmat, sangat cocok untuk sarapan pagi. 

Bahan Roti Bakar Sandwich
  • Roti tawar 4 lembar
  • Selada 5 lembar
  • Tomat 1 buah (diiris tipis)
  • Telur 3 buah
  • Gula pasir secukupnya
  • Mentega 100 gram

Cara Membuat Roti Bakar Sandwich
  1. Kocok lepas telur 1 buah dan gula dalam wadah.
  2. Panaskan teflon yang sudah diolesi mentega.
  3. Celupkan roti tawar pada telur, lalu panggang di atas teflon sampai kecoklatan.
  4. Setelah roti terpanggang, buatlah telur ceplok untuk isi sandwich.
  5. Susun roti, telur ceplok, selada, tomat, dan roti lagi.
  6. Roti bakar sandwich siap dihidangkan.

Aneka Roti Bakar Dari Berbagai Negara

Tak hanya masyarakat Indonesia saja yang menyukai roti bakar. Banyak orang dari berbagai negara juga menyukainya, bahkan mereka menjadikan roti bakar sebagai menu sarapan pagi simple. Adapun resep roti bakar dari berbagai negara dengan rasa, tekstur, dan cara pengolahan berbeda dari roti bakar Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Golden Bread


golden bread - roti bakar kekinian

Roti bakar ini berasal dari Kanada. Golden bread diambil dari warna roti yang dipanggang sampai berwarna keemasan. Resep roti bakar kekinian ini dibuat dengan cara merendam roti tawar dalam custard kayu manis yang dipanggang dengan mentega. Kemudian disajikan bersama sirup maple berwarna kuning berkilau.

2. Honey Toast
Honey toast ini sering dijadikan sebagai pencuci mulut di beberapa restoran bergaya Asia Timur, seperti Jepang, Korea, dan Taiwan. Roti bakar ini memiliki ukurang lebih besar daripada roti bakar pada umumnya. Pada bagian atas ada berbagai topping seperti es krim, buah-buahan, dan marshmallow yang disiram dengan madu.

3. Pain Perdu
Roti bakar ini berasal dari Perancis. Pain Perdu memiliki arti roti yang hilang. Roti bakar itu memang terbuat dari roti yang hampir basi. Dipotong dengan ukuran cukup besar dan direndam dengan vanilla custard. Kemudian dipanggang di atas wajan dengan mentega. Saat matang, roti bakar ini disajikan dengan gula bubuk, krim kocok, atau buah.

4. Dulce de Leche Toast


dulce de leche toast - roti bakar sederhana

Roti bakar super manis ini olesannya terbuat dari susu dan gula ambrosia yang dimasak hingga lembut dan membentuk karamel. Saat digigit, Anda bakal merasakan sensasi karamel yang luar biasa dari resep roti bakar kekinian ini.

5. Hong Kong style
Roti bakar dari negeri Cina ini sangat unik. Sebelum dibakar, roti direndam dalam kocokan telur. Kemudian dipanggang dengan mentega tawar, lalu disajikan dengan siraman susu kental manis.

6. Kaya Toast


kaya toast - roti bakar

Malaysia dan Singapura juga memiliki roti bakar sendiri. Rasa manis dan gurih dari dua tangkup roti berisi selai susu kental manis dan lapisan mentega ini dinamakan kaya toast. Roti bakar ini dimakan dengan cara dicelupkan dalam susu terlebih dulu.

Jenis Roti Yang Terkenal di Indonesia

Sebagian besar orang tentu pernah makan roti, baik roti tawar ataupun roti manis. Roti yang biasa dimakan untuk sarapan kini telah berkembang menjadi cemilan sampai pengganti makanan utama. Di Indonesia, banyak orang yang menganggap roti hanya sebagai makanan penunda lapar sementara. Ada 5 jenis roti yang terkenal di Indonesia, berikut ulasannya.

1. Roti Gandum
Roti gandum memiliki tekstur lebih kasar daripada roti tawar. Berwarna kecoklatan, dan terkadang dicampur terigu putih dan dedak gandum untuk membuat roti yang lembut. Roti gandum biasanya dimakan wanita yang ingin diet. Cara memakan roti gandum sama dengan roti tawar pada umumnya dapat ditambah dengan selai atau sayuran sesuai selera.

2. Roti Manis
Jenis roti manis ini sering dijumpai di supermarket atau warung kecil. Dapat dikatakan, jenis roti ini menjadi salah satu favorit di Indonesia. Selain rasanya manis, roti tersebut juga bertekstur lembut.

3. Roti Tawar
Siapa yang tak kenal roti tawar? Pasalnya jenis roti ini sangat populer dikomsumsi setiap orang hingga saat ini. Rata-rata orang Indonesia pasti pernah memakan roti tawar. Resep roti bakar sederhana biasanya dibuat dengan roti ini. Roti tawar sering digunakan untuk sarapan pagi dengan selai atau dimakan secara langsung.

4. Croissant
Roti ini berasal dari Perancis, yang banyak ditemukan di toko roti Indonesia. Keunikannya ada pada bagian dalam berupa lapisan melingkar. Teksturnya tidak terlalu padat sehingga cocok digunakan sebagai sandwich untuk makan siang. Rasa roti croissant ini sangat gurih.

5. French Bread / Bagutte
Para pecinta spageti tentu tak asing dengan roti ini. Jenis roti ini biasanya disajikan di atas spageti. Bagutte dikenal sebagai roti Perancis yang memiliki kulit keras di bagian luar, namun renyah di dalamnya. Roti ini biasa disajikan dengan sup atau dipanggang dengan topping di atasnya sesuai selera.

Pada malam hari sering ditemukan penjual roti bakar di pinggiran jalan. Harga roti bakar bandung tersebut cukup terjangkau. Jajanan roti bakar ini memiliki banyak rasa mulai dari coklat, keju, kacang, strawberri, dan lainnya. Resep roti bakar sederhana ini dapat dikatakan mudah, dimana roti tersebut hanya dipanggang dan diberi topping sesuai pilihan rasa yang diinginkan.

Demikian resep roti bakar sederhana lengkap dengan cara membuatnya. Ada juga informasi tentang roti bakar kekinian dari berbagai negara. Roti bakar dapat menjadi salah satu alternatif menu sarapan pagi sederhana yang mudah dibuat.

0 Response to "Resep Roti Bakar Sederhana Kekinian Yang Enak Dan Lembut"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel