-->

Aneka Resep Rawon Daging Yang Lezat Dan Simple

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal pada sebuah hidangan yang bernama rawon? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan hidangan yang satu ini. Ya, terang saja demikian, sebab rawon ini merupakan salah satu hidangan yang cukup populer di Indonesia. Rawon itu sendiri merupakan hidangan tradisional khas Jawa Timur, yang terkenal dengan citarasa lezatnya.

Resep Rawon Daging


aneka resep rawon

Sebenarnya, rawon ini tidak berbeda jauh dengan sop daging pada umumnya. Namun yang menjadi pembeda antara rawon dengan sop daging, yakni terdapat pada bagian kuahnya. Rawon memiliki kuah berwarna hitam pekat, sehingga menjadi keunikan tersendiri bagi yang melihatnya. Warna hitam tersebut berasal dari buah kluwek. Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah aneka resep rawon daging yang lezat dan simple :

1. Resep Rawon Daging Sapi

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :
- 1/2 kg daging sapi
- 3 lembar daun jeruk
- 2 buah daun bawang (iris kecil-kecil)
- ½ perasan jeruk nipis
- 7 siung bawang putih
- 10 siung bawang merah
- 3 buah kemiri
- ½ sdm ketumbar
- 1 ruas lengkuas
- 3 buah kluwek (rendam daam air hangat)
- merica bubuk secukupnya

Cara Membuat :
  • Cuci daging sapi hingga bersih, kemudian potong-potong sesuai selera, dan rebus. Masukkan juga jahe dan perasan jeruk nipis kedalamnya.
  • Siapkan bahan bumbunya seperti bawang merah, bawang putih, merica bubuk, kemiri, ketumbar, lengkuas, kluwek, lalu haluskan. Tumis baham bumbu halus tersebut hingga harum, lalu tambahkan sereh dan daun jeruk.
  • Masukkan bahan bumbu halus tersebut kedalam rebusan daging sapi, kemudian tambahkan daun bawang, penyedap rasa, garam, dan aduk-aduk sebentar.
  • Matikan api kompor, dan rawon daging sapi pun sudah siap disantap selagi masih hangat.


2. Rawon Daging Kisi + Sumsum Tulang Kaki

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :
- 6 ons daging kisi
- 1 tulang kaki sapi
- bumbu tambahan
- 2 batang sereh (geprek)
- 6 lembar daun jeruk purut
-  bumbu halus
- 9 buah brambang
- 7 siung bawang putih
- 2 cm jahe
- 1.5 cm kunyit
- 1.5 cm kencur
- 1 sdt ketumbar halus
- ¼ sdt jinten halus
- 6 buah kluwek (rendam dalam air hangat)

Cara Membuat :
  • Cuci daging kisi dan tulang kaki sapi sampai bersih.
  • Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan daging dan tulan tersebut kedalamnya, dan beri sedikit garam. Rebusa sampai setengah matang, angkat, lalu potong-potong setelah dagingnya dingin.
  • Blender bahan bumbu halusnya, tumis selama 30 menit lalu tambahkan daun jeruk purut dan potongan dagingnya, lalu tumis kembali sampai benar-benar meresap. 
  • Selanjutnya masukan tumisan daging tersebut kedalam panci rebusan tulang, dan tambahkan air panas lalu rebus sampai empuk. Selain itu, kamu juga jangan sampai lupa untuk mencicipi rasanya, dan pastikan bahwa rasanya sudah pas. 
  • Jika rasanya sudah pas, tuangkan rawon kedalam mangkuk dan taburi dengan brambang goreng dan sambal agar citarasanya semakin menggoda.
  • Rawon daging kisi + tulang kaki sapi pun sudah siap disantap dalam keadaan hangat.

Itulah aneka resep rawon daging yang enak dan simple dibuatnya. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membuat salah satu resepnya?

0 Response to "Aneka Resep Rawon Daging Yang Lezat Dan Simple"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel