Saturday, May 25, 2019

10 Menu Sarapan Pagi Orang Jawa Yang Sehat Dan Bergizi

Menu sarapan pagi orang Jawa tentunya sering Anda jumpai, bahkan secara tak sengaja mungkin Anda sering makan pagi dengan menu sarapan ini. Menu sarapan orang Indonesia masih didominasi oleh makanan yang mengandung karbohidrat, salah satunya yaitu nasi.

Setiap daerah di Indonesia memiliki hidangan khas tersendiri untuk sarapan. Banyaknya pengaruh budaya, membuat Indonesia memiliki banyak menu sarapan. Apabila Anda ingin melihat menu sarapan khas orang Jawa, maka dapat melihat makanan yang biasa dijual di berbagai tempat ketika pagi.

Sarapan merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan supaya tubuh menjadi lebih berenergi saat melaksanakan berbagai pekerjaan. Menu sarapan pagi simple seperti telur ceplok, omelet, atau roti isi sering menjadi pilihan karena praktis dan bergizi.

Menu Sarapan Pagi Orang Jawa

Ada beberapa daftar menu sarapan Indonesia yang sering menjadi andalan untuk mengisi perut saat pagi. Makanan khas Indonesia ini membuat kegiatan di pagi hari terasa bersemangat. Berikut maempin akan mengulas daftar menu sarapan pagi orang Jawa yang pastinya sering Anda jumpai setiap pagi.

1. Nasi Uduk

nasi uduk - menu sarapan pagi orang jawa
Nasi uduk, (source: @desybq)
Menu sarapan yang banyak ditemukan di penjuru Kota Jakarta yaitu nasi uduk. Makanan ini merupakan kuliner dari bangsa melayu yang datang ke Jakarta. Nasi uduk identik dengan lauk jengkol ditambah dengan semur tahu atau tempe. 

Nasi uduk menjadi salah satu menu sarapan pagi sederhana ini cukup populer di Indonesia. Nasi yang dibuat dengan cara dikukus dengan santan dan beberapa rempah penambah aroma, membuat nasi uduk memiliki cita rasa yang khas gurih dan sedikit asin. Beragam lauk pendamping yang biasa ditambah dalam nasi uduk yaitu telur dadar, sambal goreng kentang, sambal terasi, dan orek tempe. Nasi uduk sering menjadi pilihan banyak orang karena porsi nasinya yang cukup mengenyangkan.

2. Nasi Kuning

nasi kuning - menu sarapan orang Jawa
Nasi kuning, (source: @kedaiminajogja)
Tak hanya disajikan saat perayaan besar saja, nasi kuning juga sering dijadikan sebagai salah satu menu sarapan pagi orang Jawa karena rasanya nikmat dan gurih. Nasi kuning merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat mudah ditemukan di berbagai daerah, salah satunya di Jawa. Seperti halnya nasi uduk, nasi kuning dibuat dengan campuran beras, santan, dan rempah-rempah yang dimasak sampai matang. 

Ciri khas yang membedakan nasi ini dengan nasi lainnya, yaitu berwarna kuning karena ada tambahan kunyit yang membuat nasi berwarna kuning cerah dan menggugah selera. Biasanya nasi kuning disajikan bersama dengan lauk irisan telur dadar, ayam goreng, sambal kentang, orek tempe dan abon sapi.

3. Nasi Goreng

nasi goreng - menu sarapan pagi
Nasi goreng, (source: @thedaniellechang)
Menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi pilihan ibu rumah tangga yaitu nasi goreng karena proses membuatnya yang cepat dan praktis. Cukup dengan nasi, telur, kecap, dan berbagai bumbu tambahan, nasi goreng yang mengenyangkan siap disajikan di meja makan. Biasanya nasi goreng juga ditambahkan dengan beberapa sayuran dan suwiran ayam. 

Seporsi nasi goreng memiliki gizi yang beragam, mulai dari protein dalam telur, karbohidrat dalam nasi, dan zat lain yang terkandung dalam sayuran. Tak heran jika nasi goreng menjadi andalan sebagai menu sarapan praktis orang Jawa namun tetap bergizi.

4. Bubur Ayam

bubur ayam - menu sarapan praktis
Bubur ayam, (source: @hanahanuth)
Bubur ayam merupakan makanan yang praktis dan cepat dicerna tubuh. Sering dipilih sebagai menu sarapan pagi orang Jawa, karena memang rasanya yang nikmat. Apalagi ditambah dengan beberapa pelengkap seperti suwiran ayam goreng, kuah kuning, dan kerupuk akan membuat rasanya semakin menggugah selera. 

Tak hanya bubur ayam berkuah kuning, ada juga bubur ayam tanpa kuah dengan siraman kecap asin. Ada beberapa orang yang memilih bubur ayam sebagai alternatis sarapan, karena memang rasanya yang enak dan lembut di lidah.

5. Lontong Sayur

Lontong sayur, (source: @dhilasina)
Lontong sayur merupakan salah satu menu yang dijadikan sebagai sarapan pagi. Tiap daerah memiliki jenis lontong sayur yang berbeda, salah satunya ada lontong sayur khas Padang yang disajikan dengan kuah berisi nangka muda, santan, dan buncis.

Terbuat dari beras yang dipadatkan dan dikukus sampai matang, lontong sayur menjadi menu sarapan pagi orang Jawa karena porsinya cukup mengenyangkan. Makanan ini biasanya disajikan dengan telur rebus, kuah opor gurih, dan kerupuk. Ada berbagai variasi lontong sayur yang sering dijual di pagi hari, seperti lontong sayur khas Padang, lontong Betawi, dan lontong cap go meh.

6. Bubur Sumsum

bubur sumsum - menu sarapan pagi orang jawa
Bubur sumsum, (source: @ninana_kitchen)
Di Jawa Tengah, dan beberapa daerah lainnya yang terkenal sajian makanannya yang bercita rasa manis, bubur sumsum menjadi salah satu menu sarapan pagi orang Jawa yang sering dikonsumsi. Terbuat dari tepung beras dan santan yang kemudian dimasak sampai lembut. 

Bubur sumsum ini akan terasa semakin lezat dengan tambahan siraman saus gula merah yang begitu lembut. Selain itu, bubur ini juga sering dipadukan dengan bubur mutiara, bubur biji salak, dan puding hunkwe.

7. Nasi Gudeg

Nasi gudeg, (source: @kulijajan)
Saat Anda berada di Jogja, maka pastikan untuk mencicipi nasi gudeg saat pagi hari. Nasi gudeg merupakan makanan khas Jogja yang juga dijadikan sebagai menu sarapan pagi orang Jawa. Ada beberapa penjual nasi gudeg yang hanya buka saat pagi hari saja. 

Nasi gudeg berisikan nasi, gudeg lengkap dengan kuah aren kental, lauk, dan sambal krecek. Lauknya juga bervariasi tergantung selera. Anda bisa memilih berbagai macam lauk diantaranya yaitu, telur rebus dibumbui, suwiran ayam, ampela ati, tahu, tempe, kepala ayam, dada ayam, sayap ayam, dan sebagainya.

8. Nasi Krawu

nasi krawu - menu sarapan pagi orang jawa
Nasi krawu, (source: @yeayfood.id)
Menu sarapan pagi orang Jawa saat di daerah Gresik yaitu nasi krawu. Makanan khas Gresik ini berisikan nasi putih yang disajikan dengan daun pisang dengan tambahan lauk irisan daging sapi, jeroan, dan serundeng. Krawu merupakan salah satu komponen dalam sajian makanan itu, yakni parutan kelapa dengan bumbu cabai merah.

9. Nasi Boranan

Nasi boranan, (source: @royspahlevi_sh)
Nasi boranan adalah makanan khas Lamongan yang juga sering dijadikan sebagian menu sarapan pagi orang Jawa. Memang nasi boran belum banyak dikenal di luar Lamongan, karena memang dijual hanya di Lamongan saja. Namun rasanya memang nikmat, apalagi ditambah dengan bumbu boranan yang khas. 

Setiap pagi banyak penjual nasi boran yang berada di pinggir jalan. Anda dapat mampir dan mencoba nasi boran untuk menu sarapan pagi yang mengenyangkan. Nasi boranan berisikan nasi, lauk, dan bumbu boranan. Lauk untuk makanan tradisional khas Lamongan ini bisa dipilih sesuai selera, ada lauk telur dadar, telur asin, daging ayam, ikan, udang, ati rempela, dan sebagainya.

10. Jajanan Pasar

jajanan pasar - menu sarapan orang jawa
Jajanan pasar, (source: @tsaniwismono)
Selain aneka nasi dan bubur yang mengenyangkan, berbagai macam jajanan pasar juga sering dipilih sebagai menu sarapan orang Jawa yang praktis. Harganya juga sangat terjangkau dan cocok untuk mengisi perut di pagi hari. 

Ada banyak aneka jajanan pasar yang dapat dijadikan menu sarapan, mulai dari kue klepon, kue lumpur, ote-ote, onde-onde, dan sebagainya. Harganya yang murah membuat jajanan pasar ini banyak diburu saat pagi hari.

Demikian ulasan tentang menu sarapan pagi orang Jawa yang praktis dan mengenyangkan. Ciri khas sarapan orang Jawa identik dengan nasi yang mengenyangkan karena ada yang mengatakan jika belum makan nasi, maka sama halnya dengan belum sarapan. Satu hal yang penting, Anda harus sarapan setiap hari agar tubuh menjadi bersemangat untuk beraktivitas.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: