-->

Cara Membuat Ote Ote Sayur Renyah Untuk Jualan

Bagaimana cara membuat ote ote sayur untuk jualan? Ote ote merupakan salah satu jajanan pasar yang disukai banyak orang. Makanan ini sangat mudah dijumpai di Indonesia, karena banyak penjual ote ote di tepi jalan. Pasalnya resep ote ote sayur memang mudah untuk dipraktekkan oleh siapapun.

Selain rasanya enak, makanan ini juga dijual dengan harga murah. Bahkan ote-ote kerap dijadikan sebagai menu sarapan pagi orang Jawa karena praktis dan enak. Nama makanan ini berbeda di setiap daerah, seperti di Malang namanya Weci, di Bandung namanya bala-bala, dan di Jakarta namanya bakwan.

Resep Ote Ote Sayur Untuk Jualan

cara membuat ote ote sayur untuk jualan
Ote ote sayur, (source: cookpad/@EkaWidya)
Pada dasarnya, ote ote renyah untuk jualan tak ada bedanya dengan ote ote yang lain. Ote ote terbuat dari campuran tepung terigu yang diolah dengan aneka macam sayuran untuk menambah rasa enak dan gurih pada jajanan pasar ini. Proses pembuatan ote ote juga tak begitu rumit. Agar tidak penasaran, berikut maempin akan menyajikan cara membuat ote ote sayur renyah yang dapat Anda lakukan bersama keluarga di rumah.

Bahan Ote Ote Sayuran

  • Taoge/kecambah secukupnya
  • Kubis diiris-iris secukupnya
  • Wortel diiris kecil-kecil 2 buah
  • Seledri iris iris secukupnya

Bumbu halus Ote Ote Crispy

  • Bawang merah 6 buah
  • Bawang putih 4 buah
  • Merica 1 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Pala 1/4 sendok teh
  • Bubuk kaldu ayam 1 sendok teh (masako ayam 1 buah)

Bahan Adonan Ote Ote Sayur Renyah

  • Tepung terigu 250 gram
  • Tepung beras 50 gram (bisa diskip)
  • Telur kocok lepas 1 butir (bisa diskip)
  • Air 300 ml, jika kurang bisa tambahkan 50 ml

Cara Membuat Ote Ote Sayur Untuk Dijual

  1. Masukkan air, bumbu ote ote dan semua bahan adonan, kemudian aduk sampai rata. 
  2. Tambahkan bahan sayuran, dan aduk rata. Tunggu 10 menit agar semua bahan tercampur dan bumbunya meresap. 
  3. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak, celupkan cetakan ote ote ke dalam minyak panas dalam beberapa detik, lalu angkat. 
  4. Tuang adonan ote ote ke dalam cetakan sampai penuh. 
  5. Celupkan cetakan ote ote itu ke dalam minyak goreng sambil digoyangkan sampai ote-otenya terlepas di minyak goreng. Lakukan sampai semua adonan habis. 
  6. Goreng ote ote sampai matang dan berwarna kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan.
  7. Ote ote siap disajikan dalam keadaan hangat. 

Tips Cara Membuat Ote Ote Crispy

Tekstur ote ote dapat disesuaikan dengan selera, dengan cara menambahkan tepung lain selain terigu, misalnya tepung beras agar tekstur lebih kering, atau tepung sagu untuk tekstur lebih membal. Anda juga bisa menambahkan telur untuk membuat ote-ote yang lebih empuk.

Anda bisa menyesuaikan resep ote ote untuk jualan ini sesuai keinginan, misalnya hanya memakai tepung terigu saja tanpa tepung lain. Resep Ote-ote tanpa telur juga tetap bisa dan rasanya enak, Anda bisa membuatnya sesuai selera. Beberapa hal yang paling utama di ote ote yaitu tepung terigu, bumbu dan sayuran. Degan bahan utama tersebut, maka ote ote bisa dibuat dengan mudah.


Bagaimana Cara Membuat Ote Ote Agar Tidak Lengket Di Cetakan?

Agar ote ote tidak lengket di cetakan, maka resep ote ote sayuran ini ada tipsnya sendiri. Anda harus mencelupkan cetakan dalam minyak goreng yang sudah panas. Kemudian isi minyak goreng sedikit dalam cetakan tersebut, lalu tambahkan adonan ote-ote dalam cetakan yang berisi minyak goreng itu. Masukkan ote-ote ke dalam wajan, lalu goyangkan sampai terlepas.

Jika ote-ote yang Anda buat masih tetap lengket di cetakan, maka Anda bisa menambahkan tepung terigu pada adonannya. Biasanya ote ote lengket tersebut karena adonan yang terlalu cair, kurang tepung terigu atau Anda tidak menambahkan minyak goreng pada cetakan.

Demikian ulasan cara membuat ote ote untuk jualan. Bagaimana resep ote ote sayuran ini? cukup mudah bukan. Dalam proses pembuatannya tidak terlalu rumit, maempin juga sudah menambahkan berbagai tips agar Anda tidak kesulitan dalam membuatnya. Ote-ote sering dijadikan sebagai alternatif sarapan pagi, begitu pula dengan roti bakar. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Ote Ote Sayur Renyah Untuk Jualan"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel