Tuesday, January 15, 2019

7 Makanan Khas Lamongan Jawa Timur Yang Enak Dan Terkenal

Makanan khas Lamongan Jawa Timur selalu menjadi incaran bagi orang yang berkunjung ke Lamongan. Pasalnya makanan khas daerah Lamongan ini ada banyak macamnya, mulai dari nasi boranan, soto ayam Lamongan, wingko Babat, hingga dawet siwalan.

Bicara soal makanan, Lamongan memiliki banyak kuliner khas dengan cita rasa yang unik dan tak perlu lagi diragukan kelezatannya. Salah satu makanan khas Lamongan yang sudah terkenal di Indonesia yaitu soto ayam Lamongan. Siapa yang tidak kenal dengan soto ayam Lamongan? Penjual soto ayam Lamongan dapat ditemukan dengan mudah di berbagai tempat. Makanan khas tersebut telah menjadi ciri khas Lamongan.

Beberapa orang yang berkunjung ke Kabupaten Lamongan, Jawa Timur juga menjadikan makanan khas tersebut sebagai oleh-oleh khas Lamongan. Kebanyakan kuliner khas Lamongan memang proses pembuatannya agak sulit, meskipun demikan harga makanan khas Lamongan masih sesuai budget orang Indonesia.

Makanan khas Lamongan Jawa Timur

Apa saja makanan khas Lamongan? Tentu Kamu sudah penasaran. Berikut akan maempin ulas tentang makanan khas daerah Lamongan yang terkenal kelezatannya.

Ulasan Makanan Khas Lamongan Yang Enak 

Berikut makanan khas Lamongan Jawa Timur yang harus Anda coba saat berkunjung ke Kabupaten Lamongan karena rasanya yang khas dan menggugah selera.

1. Soto Ayam Lamongan

Soto ayam Lamongan merupakan salah satu makanan khas Lamongan yang terkenal di Indonesia. Kuliner khas Lamongan yang satu ini sangat mudah ditemukan di pinggir jalan karena banyak dijual menggunakan gerobak. Meskipun demikian, soto ayam Lamongan memiliki rasa yang tidak kalah dengan hidangan mewah lainnya. Rasanya yang gurih dan khas terbuat dari bumbu rempah seperti merica, ketumbar, jahe, dan kemiri. Kuah soto yang bening kekuningan tersebut karena menggunakan kunyit. 

makanan khas Lamongan soto ayam Lamongan

Untuk membuat soto ayam Lamongan agar terasa lebih gurih, maka disarankan jika menggunakan daging ayam kampung. Makanan khas Lamongan ini biasanya disajikan dengan soun, kol, bawang goreng, daun bawang diiris, potongan ayam, telur rebus, dan nasi. Selain itu, bahan pelengkap lain yang biasanya ditambahkan dalam soto Lamongan yaitu kecap, sambal, dan koya.

2. Nasi Boranan Khas Lamongan

Makanan khas Lamongan nasi boranan seringkali menjadi incaran tiap orang yang berada di daerah Lamongan, Jawa Timur. Pasalnya makanan ini memang menjadi ciri khas Lamongan yang tidak ada di daerah lain. Dinamakan boranan karena berasal dari tempat nasi yang dibuat dari anyaman bambu yang digendong menggunakan selendang di punggung. Nasi boranan terdiri dari nasi, lauk, rempeyek, dan bumbu boranan yang khas. Lauk yang disajikan dalam nasi boranan bermacam-macam, bisa tahu, tempe, ikan dan ayam. Anda bisa memilih lauknya sesuai selera. 

makanan khas Lamongan nasi boranan

Di Lamongan sendiri, penjual nasi boranan dapat Anda temukan dengan mudah. Biasanya mereka berjualan nasi boranan menu makanan khas Lamongan ini di pinggir jalan. Nasi boranan dijual sepanjang waktu. Meskipun beda penjual, ada yang pagi, siang, sore bahkan tengah malam rasa sambelnya khas sekali, apalagi aroma nasi yang langsung dipindahkan dalam boran membuat rasanya semakin nikmat. Beberapa orang juga suka makan nasi boranan lesehan di pinggir jalan yang sudah disediakan karpet. Penasaran dengan rasanya? Yuk cobain nasi boranan khas Lamongan.

3. Tahu Campur Khas Lamongan

Tahu campur merupakan salah satu makanan khas Lamongan Jawa Timur yang terdiri dari sop daging sapi, perkedel singkong, taoge segar, mi kuning, selada air segar, dan kerupuk udang. Semuanya dicampur ke dalam bumbu petis, sambal, dan bawang goreng, lalu disiram dengan kuah tahu campur khas Lamongan.

makanan khas Lamongan tahu campur Lamongan

Di Lamongan kamu dapat menemukan beberapa kuliner khas yang patut dicoba, salah satu hidangan yang terkenal yaitu tahu campur. Makanan khas Lamongan ini memiliki cita rasa unik yang mampu memanjakan lidah. Banyak warung yang menjual tahu campur terutama di Lamongan dengan rasa yang enak dan lezat.

4. Wingko Babat Khas Lamongan

Wingko Babat adalah salah satu makanan khas Lamongan untuk oleh-oleh yang berasal dari Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan. Jajanan Lamongan ini biasanya dicari orang sebagai oleh-oleh khas Lamongan yang enak. Wingko Babat terbuat dari bahan dasar kelapa serta memiliki rasa yang manis dan enak, teksturnya empuk dan agak kenyal. Untuk menikmati makanan khas Lamongan ini tidak harus datang ke Babat dulu karena wingko ini sekarang sudah dapat dijumpai di toko-toko terdekat di Kabupaten Lamongan. Tak hanya itu, wingko Babat juga dapat dijadikan sebagai cinderamata khas lamongan.

makanan khas Lamongan wingko babat

Makanan ringan khas Lamongan wingko Babat ini terbilang sangat merakyat, karena tak hanya di toko penjualan oleh-oleh khas saja, namun dalam bus antar kota atau kereta, ada beberapa pedagang asongan yang menjualnya. Harga wingko tersebut juga lebih terjangkau daripada harga wingko di toko oleh-oleh. Penasaran dengan wingko Babat? datang saja ke Lamongan untuk menikmati makanan khas Lamongan yang satu ini.

5. Bandeng Colo Khas Lamongan

Lamongan memiliki banyak aneka kuliner berbahan ikan bandeng, salah satunya yaitu Bandeng Colo. Makanan khas Lamongan merupakan olahan paduan bumbu khusus sehingga dapat menghilangkan bau dari bandeng yang selalu melekat. Salah stu rumah makan di jalan sunan giri Kabupaten Lamongan menyediakan makanan bandeng colo tersebut. 

makanan khas Lamongan bandeng colo

Bandeng colo berbeda dengan menu lalapan bandeng. Menu makanan khas Lamongan Jawa Timur ini dapat dinikmati penggemar kuliner di Lamongan. Sambalnya yang khas menjadikan masakan ini berbeda dengan lalapan pada umumnya. Bandeng colo memiliki rasa yang khas yaitu pedas manis yang dapat menggoyang lidah. Bandeng yang telah diangkat dari penggorengan bersama sambal colo dan kecap manis. Bandeng yang berlumur sambal disajikan dengan tomat dan lalapan. Bumbu tersebut juga sebagai penambah rasa dan pelengkap.

6. Jumbrek Khas Lamongan

Jajanan khas Lamongan yang populer lainnya yaitu jumbrek. Makanan khas Lamongan ini berbahan dasar dari tepung beras yang dicampur dengan gula jawa dan santan. Jubrek tersebut memiliki rasa unik yaitu manis dan enak mempunyai tekstur lembut yang sangat enak rasanya. Jumbrek dapat ditemukan dengan mudah di sekitar wilayah Paciran Kabupaten Lamongan.

makanan khas Lamongan jumbrek

Jumbrek banyak dijual di area sekitar WBL dan Mazola. Tak hanya itu, banyak juga warung di sepanjang jalan pantai utara yang menjual jajanan khas ini. Jika ingin membeli oleh-oleh khas Lamongan ini, Anda bisa datang ke Desa Paciran. 

7. Ental, Dawet Siwalan Khas Lamongan

Dawet siwalan merupakan salah satu minuman khas Lamongan yang sangat melegenda. Es dawet siwalan terbuat dari buah pohon siwalan sebagai isiannya. Dawet siwalan sangat jarang dijumpai di daerah lain karena pohon siwalan hanya hidup di daerah kering. Es dawet siwalan ini cukup terkenal di Lamongan, Anda dapat menemukan penjual makanan khas Lamongan ini di warung pinggir jalan di Desa Paciran. 

makanan khas Lamongan dawet siwalan

Buah siwalan di paciran juga sering disebut sebagai ental yang dibungkus dalam kulit keras warna coklat. Buahnya lebih mirip kolang-kaling dengan warna putih bening. Buah siwalan sendiri memiliki ukurang yang lebih besar dari kolang-kaling. Buah siwalan yang dijadikan es dawet siwalan biasanya dipotong dadu terlebih dahulu agar lebih mudah memakannya di dalam gelas. Daging buahnya dapat langsung dimakan, tekstunya lembut dan kenyal. Es dawet siwalan sangat cocok dinikmati saat cuaca panas. Rasanya yang khas, manis dan segar membuatnya semakin digemari serta menjadi makanan khas Lamongan Jawa Timur yang populer.

Perbandingan Harga Makanan Khas Lamongan Yang Terkenal 

Menu makanan khas Lamongan memang ada banyak dan beragam. Oleh karena itu, maempin akan menyajikan daftar makanan khas daerah Lamongan dalam bentuk tabel berikut agar lebih mudah dipahami dan tersampaikan intinya. 

makanan khas Lamongan Jawa Timur

Resep Makanan Khas Lamongan Wingko Babat Untuk Oleh-oleh 

Membuat wingko babat itu ternyata tidak lama dan tidak ribet pula. Yuk bikin sekarang, simak resep makanan khas Lamongan wingko Babat dari bu Izza ini. Satu resep jadi 10 keping wingko babat. 

resep wingko babat Lamongan yang khas


Bahan Wingko Babat

  • Kelapa sedang yang cenderung muda diparut panjang 250 gram (setara dengan setengah butir kelapa)
  • Tepung ketan 120 gram
  • Gula pasir 90 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Vanili bubuk 1/2 sendok teh
  • Telur 1 butir (bisa 2 butir telurnya)
  • 100 ml santan kental (pakai 1 pack santan instan kara kecil 65 ml ditambah air sampai 100 ml)
  • Sedikit minyak untuk mengoles cetakan wingko


Cara Membuat Wingko Babat Lamongan

  1. Masukkan kelapa parut, vanili bubuk, gula pasir, garam. Aduk serta remas-remas dengan tangan steril hingga gula larut. 
  2. Memasukkan tepung ketan, lalu aduk dan remas lagi sampai rata menjadi satu. 
  3. Masukkan telur dan aduk merata.
  4. Menambahkan santan kental perlahan-lahan sambil di aduk rata (masih dengan tangan), lakukan hingga santan habis. 
  5. Setelah itu, adonan siap dipanggang. 
  6. Memanaskan cetakan atau teflon dengan api kecil, bisa memakai cetakan kue lumpur.
  7. Setelah panas, oleskan dengan sedikit minyak. 
  8. Berikan adonan secukupnya, tidak terlalu tebal dan tidak tipis juga. (coba 1 1/2 sendok makan adonan).
  9. Panggang sambil di bolak-balik agar matang dengan merata, dan tidak bau tepung.
  10. Setelah matang, angkat dan hidangkan.
  11. Matang hingga ke dalam karena dipanggang menggunakan api kecil dan sering dibolak balik.
Demikian ulasan makanan khas Lamongan Jawa Timur lengkap serta salah satu resep wingko babat khas Lamongan. Berbeda dengan makanan khas Gresik, makanan khas Kediri, dan makanan khas Bojonegoro, Kuliner khas Lamongan memiliki rasa yang khas dan enak. Anda harus mencobanya saat berkunjung ke Kabupaten Lamongan. 
Latest
Next Post
Related Posts

0 komentar: