-->

5 Makanan Dari Tepung Beras Lezat Yang Melegenda

Tepung beras adalah salah satu jenis tepung yang paling sering digunakan sebagai salah satu bahan makanan, khususnya untuk membuat kue. Banyak macam makanan dari tepung beras yang sudah ada sejak dahulu yang begitu melegenda kelezatannya. Bahkan mungkin sudah ada sejak dahulu Indonesia belum merdeka.

Makanan dari tepung beras yang dibuat oleh para masyarakat zaman dulu ini banyak sekali macamnya, yang tentu saja masih bisa ditemui hingga saat ini di mana saja. Dari mulai pasar hingga restoran bintang lima, ada yang dimasak dengan cara digoreng hingga dikukus. Semuanya tersedia. Bahkan, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah karena banyak sekali resep-resep masakan yang bertebaran di internet atau buku-buku resep.

Makanan Dari Tepung Beras

Dari berbagai jenis makanan yang dibuat dari tepung beras, berikut beberapa jenis makanan yang terbuat dari tepung beras yang selalu eksis sepanjang masa.

1. Bubur Sumsum

Sumber: merdeka.com
Bubur sumsum ini adalah salah satu makanan yang terbuat dari tepung beras yang cara membuatnya sangat mudah dan sederhana. Sebab, Anda hanya perlu memasaknya dengan mencampurnya bersama air dan juga pandan untuk memberi aroma yang khas, lalu diaduk hingga kental. Barulah bubur sumsum ditambahkan dengan kuah gula merah yang menjadikan rasa dari bubur sumsum perpaduan antara manis dan gurih.

2. Kue Cucur

Kue yang dibuat dengan cara digoreng ini, juga menjadi salah satu kue yang sudah ada sejak lama dan menjadi kegemaran banyak masyarakat Indonesia. Kue yang menjadikan tepung beras sebagai bahan utamanya ini, memiliki rasa yang manis dan gurih. Kita bisa mendapati kue cucur yang dijajakan di pasar dengan berbagai macam varian warna, seperti hijau, merah muda, ataupun cokelat.

3. Kue Lapis

Kue yang satu ini memang membutuhkan kesabaran yang lebih dalam pembuatannya. Sebab, harus memasak adonannya selapis demi selapis. Namun, kalau sudah matang dan siap santap, pasti nggak bisa nolak. Kue lapis ini memang banyak varian warna dan rasa, juga bisa ditemui di pasar atau toko-too yang menjual berbagai aneka jajanan tradisional.

4. Kue Putu

Kue yang satu ini kini bisa ditemui dengan berbagai macam warna, kalau dulu hanya berwarna putih saja. Terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan parutan kelapa, membuat kue putu ini memiliki rasa yang gurih. Jika ditambahkan dengan gula merah sebagai isiannya, maka menjadikan dua rasa yang berpadu di dalam kue putu. Manis dan gurih.

Baca juga: makanan yang bikin gemuk

5. Kue Mangkok

Mungkin di beberapa daerah memiliki sebutan yang berbeda, untuk kue yang dibuat dengan menggunakan cetakan mangkong kecil ini. Namun kebanyakan memang menyebutnya dengan sebutan kue mangkok. Bisa dibilang, kue mangkok ini cup cake-nya Indonesia. Tampilannya memang sederhana, tapi rasanya cukup manis dan mengenyangkan. Bahkan Anda bisa membuatnya dengan warna-warna yang diinginkan.

6. Serabi

Salah satu jenis makanan yang terbuat dari tepung beras yang satu ini, juga sudah banyak penggemarnya. Apalagi kini, serabi bisa disajikan dengan berbagai toping di atasnya. Menambah kelezatannya saat menikmatinya selagi hangat, mengenyangkan pula.

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan beberapa makanan dari tepung beras yang sudah disebutkan di atas. Sebab, di berbagai daerah di Indonesia, makanan-makanan tersebut mudah ditemui dan juga Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Kelezatannya tidak lekang oleh zaman.

0 Response to "5 Makanan Dari Tepung Beras Lezat Yang Melegenda"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel