Wednesday, June 13, 2018

Cara Menyimpan Ketupat Agar Tidak Basi Dan Berlendir

Cara menyimpan ketupat agar tahan lama biasanya dicari oleh banyak orang saat menjelang lebaran seperti ini. Terkadang karena banyaknya ketupat yang tersisa, Anda sampai bingung bagaimana cara menyimpan ketupat agar tidak basi.   

Dalam ulasan ini, maempin akan menyajikan beberapa tips menyimpan ketupat agar tahan lama. Agar hidangan bisa awet, Anda perlu melakukan beberapa tips ini. Dengan beberapa cara menyimpan ketupat ini, maka dijamin ketupat bisa bertahan hingga beberapa hari setelah lebaran.

Cara Menyimpan Ketupat Agar Tidak Basi

Cara Menyimpan Ketupat Agar Tidak Basi Dan Berlendir

1. Menggantung Ketupat

cara menyimpan ketupat yang terbaik adalah menggantungnya. Dengan menggantung ketupat, maka air yang ada di ketupat akan bisa turun. Hal itu karena air yang mengendap dalam ketupat dapat membuatnya basah hingga menjadi cepat basi. Ketupat yang sudah digantung serta dibiarkan dalam suhu ruangan dapat bertahan selama 1 hari.

2. Menyimpan Ketupat Di Dalam Kulkas atau Freezer

Jika ingin menyimpan ketupat dalam jangka waktu yang lama, maka Anda bisa memasukkan ketupat ke dalam kulkas atau freezer. Anda dapat memasukkan ketupat ke dalam kulkas atau freezer. Dengan cara tersebut, maka ketupat dapat bertahan sampai beberapa hari. Namun pastikan bahwa ketupat tidak basah juga.

3. Menghangatkan Ketupat Seperlunya

Jika Anda ingin menikmati ketupat yang telah disimpan dalam kulkas, maka Anda bisa mengukusnya. Setelah dikukus, maka pastikan bahwa Anda tak menyimpan ketupat itu lagi karena ketupat yang sudah dikukus, maka tidak bisa bertahan lama. Oleh karena itu, jika ingin menyimpan ketupat dalam jumlah yang banyak, pastikan jika ingin mengukus ketupas hanya seperlunya saja. Tak perlu dipanaskan semuanya. 


Itulah 3 cara menyimpan ketupat agar tidak basi dan berlendir. Menjelang lebaran seperti ini, beberapa orang tentu ingin membuat ketupat sendiri di rumah. Jika punya kelebihan ketupat, maka bisa disimpan dengan mengikuti cara tersebut. Semoga bermanfaat. 
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: