Friday, May 25, 2018

Rendam Kurma Dengan Cara Ini Semalaman, Kamu Bakal Tau Khasiat Ajaibnya!

Pernahkah kamu merendam kurma dalam segelas air matang semalaman? apa khasiatnya? bukannya hal itu malah menjadi tidak enak kurmanya?

Merendam kurma dalam segelas air matang semalaman ternyata punya khasiat tersendiri. Dengan merendamnya dalam segelas air, kurma akan mempunyai khasiat ajaib yang tidak pernah diduga sebelumnya. Rendaman air kurma semalaman tersebut akan menjadi air nabeez.

Rendam Kurma Dengan Cara Ini Semalaman

Apakah air nabeez?

Air nabeez merupakan air rendaman kurma. Kurma yang direndam di dalam air matang semalaman (dalam wadah tertutup), dan bisa diminum keesokan paginya.

Beberapa sumber mengatakan bahwa air nabeez tersebut merupakan kegemaran Rasulullah. Nabi biasanya merendam beberapa butir kurma di dalam air semalaman serta meminum air rendaman kurma tersebut saat pagi hari. Airnya diminum serta buah kurmanya yang lembut bisa ditelan.

Berikut ada beberapa hadis yang menjelakan tentang cara membuat air nabeez tersebut, salah satunya diriwayatkan oleh Imam Muslim.

hadis Rendam Kurma Dengan Cara Ini Semalaman

Bicara terkait air rendaman tersebut. Orang barat baru kini faham dengan khasiat air rendaman tersebut. Padahal Nabi sudah lama melakukan hal tersebut.  

Khasiat air nabeez

Air nabeez merupakan minuman yang berakali. Minuman ini mampu membuang kelebihan asam di perut serta memulihkan sistem pencernaan tubuh serta bisa menyingkirkan bahan toksin berbahaya yang ada dalam tubuh. Dalam kata lainnya berguna sebagai detox.

Hal itu karena air nabeez punya kandungan fiber yang tinggi sehingga mampu membantu dalam proses pencernaan yang baik serta meningkatkan dan menajamkan fikiran supaya tidak mudah lupa.

Cara membuat air nabeez

Kurma yang baik digunakan dalam pembuatan air nabeezz yaitu kurma ajwa. Namun jika tidak ada maka bisa menggunakan kurma lainnya. berikut cara membuat air nabeez.
  • Merendam beberapa butir kurma (sebaiknya dalam bilangan ganjil) ke dalam air matang segelas.
  • Sebaiknya dibuat pada saat sore menjelang malam serta pastikan gelas yang digunakan rendaman kurma tadi tertutup rapat.
  • Keesokan paginya (sekitar 8 hingga 12 jam setelah direndam), air rendaman tersebut baru boleh diminum dan buah kurma hasil rendaman yang menjadi lembut tersebut bisa langsung dimakan. 


Larangan dalam membuat air nabeez

Air nabeez jika disimpan dalam lemaris es dapat bertahan selama 1 sampai 2 hari. Namun dilarang meminum air rendaman kurma yang sudah masuk lebih dari 3 hari. Hal itu karena air rendaman kurma yang lebih dari 3 hari maka sudah terjadi proses fermentasi sehingga menjadi arak serta haram untuk diminum.

Oleh karena itu, sebaiknya air nabeez dibuat hari itu dan diminum hari itu juga. Dalam meminumnya bisa ditambah dengan susu atau yogurt agar lebih enak. 
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: