-->

Sering Dijadikan Makanan Buka Puasa, Inilah 6 Fakta Unik Kurma

Fakta unik kurma seperti apa? Kurma seringkali digolongkan ke dalam buah-buahan utama yang harus ada saat berbuka puasa. Tak hanya rasanya yang manis, kurma juga dipercaya bisa membuat tubuh lebih bertenaga karena kadar gizi di dalamnya memang baik untuk daya tahan tubuh.

fakta unik kurma

Tidak hanya bisa dimakan langsung, kurma bisa diolah menjadi makanan atau minuman dengan rasa lebih nikmat daripada dengan bumbu atau bahan lainnya. Dibalik rasa manis dan kandungan gizinya, berikut ini adalah 6 fakta unik kurma yang menarik untuk diketahui, seperti yang dilansir dari idntimes.

Fakta Unik Kurma

fakta unik buah kurma


1. Buah yang awet dan tahan lama

Dari sekian banyak buah yang ada di bumi, kurma adalah buah yang tahan lama. Jika dibandingkan dengan buah-buahan lain setelah matang, biasanya jika tidak dimakan dalam waktu tertentu akan menjadi busuk. Jika kurma dapat bertahan sampai 1 tahun lamanya. Hal itu karena kurma mengandung air yang sedikit sehingga tak heran jika kurma menjadi buah yang tahan lama.

2. Meskipun manis namun jarang dikerumuni semut

Umumnya buah-buahan yang memiliki rasa manis memang terkadang dihinggapi oleh semut. Hal itu rupanya tidak berlaku bagi kurma. Meskipun kurma digeletakkan begitu saja di berbagai tempat, maka tidak akan dikerumuni oleh semut. Padahal kandungan kurma ini hampir sama dengan kandungan yang ada dalam madu asli yang memang jarang dihinggapi semut walaupun berada di tempat yang terbuka.

Baca juga: resep jus kurma susu

3. Tiga butir kurma sama halnya dengan sepiring nasi

Kurma mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Kurma biasanya dimakan saat buka puasa agar kondisi tubuh tetap sehat karena seharian tak mengonsumsi makanan dan minuman. Kandungan kalori dan zat gulanya yang besar dipercaya dapat mengembalikan energi setelah berpuasa. Ketika dimakan saat sahur, maka tiga buah kurma ini setara dengan sepiring nasi supaya kebutuhan tubuh untuk tenaga dapat terpenuhi.

4. Bisa dijadikan sebagai bahan sabun dan kosmetik

Memang agak mengejutkan, namun faktanya buah kurma dapat dijadikan bahan membuat sabun dan kosmetik, khususnya eyeliner. Kurma yang sudah dihaluskan dapat menjadi bahan campuran kopi sehingga rasanya akan lebih nikmat tanpa campuran gula. Hal itu menjadi fakta unik kurma yang jarang diketahui oleh orang.

Baca juga: cara membuat air nabeez dan khasiat ajaibnya

5. Menurunkan kolesterol dan menormalkan kadar gula darah

Mengonsumsi kurma secara teratur dapat menurunkan kolesterol saat asupan makanan masuk dalam tubuh ketika berbuka puasa disi dengan berbagai makanan. Selain itu, kurma juga bisa menormalkan kadar gula darah yang tak stabil karena kurangnya asupan makanan.

6. Sering menjadi bekal para pendaki untuk bertahan hidup
Karena bentuknya yang kecil dan praktis, maka kurma seringkali dibawa para pendaki untuk bekal makanan. Seseorang yang makan kurma dalam setiap harinya memang dapat bertahan hidup lebih lama karena kadar mineral dan vitamin di dalamnya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam sehari-hari.

Jika kalian sudah tau manfaat dan fakta kurma ini, maka tidak ada alasan lain lagi untuk tidak makan kurma saat berbuka puasa ataupun sahur. Marilah berpuasa dengan niat beribadah.

1 Response to "Sering Dijadikan Makanan Buka Puasa, Inilah 6 Fakta Unik Kurma"

  1. Kurma buah idola orang yang berbuka, 1-2 butir saja rasanya udah bisa mengembalikan tenaga kita yg terkuras seharian lho.. mantap! :D

    Saatluang - Ragam Makanan Bakso Unik

    ReplyDelete

Iklan Bawah Artikel