Thursday, April 5, 2018

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Masakan dan Tips Praktis Menggunakan

Manfaat jeruk nipis tentu banyak sekali, salah satunya untuk resep masakan.Beberapa orang menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau, untuk membuat minuman, dan sebagainya. Dalam hal ini akan dijelaskan juga bagaimana cara memilih jeruk nipis serta berbagai informasi lainnya.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Masakan


Nama ilmiah: Citrus aurantifolia
Nama lain: Jeruk tipis, jeruk asam
Masakan: aneka ikan, satai udang, sup, soto, tuturaga.
Bahan pasangan: ikan, udang
Bumbu pasangan: segala jenis bumbu

Jeruk nipis berbentuk bulat dengan warna hijau kekuning-kuningan. Permukaannya lebih halus dan mengkilap dibandingkan jeruk lainnya. Dinamakan jeruk nipis karena kulitnya yang sangat tipis.

Manfaat jeruk Nipis Untuk Masakan dan Cara Menggunakannya


Jika jeruk nipis digunakan untuk masakan, maka bisa menggunakan dengan cara jeruk nipis dipotong pada bagian sisinya agar mudah diperas dan airnya tidak ada yang terbuang. Penggunaannya bergantung pada tingkat kekecutan yang ingin dihasilkan


  • Perasan jeruk nipis bisa dilumurkan pada bahan utama untuk menutupi aroma amis serta memberi rasa segar terutama pada ikan. 
  • Perasan air jeruk nipis dibubuhkan setelah merebus atau mengungkap untuk memberikan aroma dan rasa kecut pada kuah masakan saat disajikan panas-panas. Jika dibubuhkan pada saat merebus, perasan jeruk nipis akan meninggalkan rasa pahit pada air rebusan. 
  • Perasan air jeruk nipis dicampurkan bersama garam ke darah untuk memecahkan darah beku sekaligus memberi kesegaran pada darah amis. Selain jeruk nipis, jeruk sundai juga dapat digunakan untuk ini. 
  • Jeruk nipis dipotong-potong sebagai pelengkap hidangan agar bisa diperas langsung ke hidangan seperti soto. Aroma dan rasanya akan terasa masih kuat saat disantap.

Cara Memilih Jeruk Nipis

Kualitas terbaik jeruk nipis bisa didapat di musim hujan, antara bulan desember dan februari namun sulit di bulan maret hingga april. Pilih buah jeruk nipis yang masih hijau tetapi terasa kenyal jika diremas. Hal ini menunjukkan kandungan airnya tinggi, dan rasanya masih kecut.

Cara Menyimpan Jeruk Nipis

Agar kandungan air tidak lekas menguap, simpan jeruk nipis di tempat yang sejuk. Buah ini bisa bertahan lebih dari sebulan jika disimpan di kulkas.

Itulah manfaat jeruk nipis dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: