Saturday, February 10, 2018

Cara Menyimpan Daging Ayam Tanpa Kulkas Agar Tahan Lama

Bagaimana cara menyimpan daging ayam tanpa kulkas? Daging menjadi salah satu sumber protein yang penting untuk tubuh. Jika kamu belum tau cara membuat daging tahan lama dengan benar, maka protein yang ada di dalamnya bisa saja menghilang.

Tak hanya menghilangkan kandungan tersebut, namun penyimpanan yang tidak benar juga membuat daging menjadi tidak enak dimakan. Apalagi jika daging tersebut diolah sesuai resep daging. Biasanya orang akan menyimpan daging di kulkas agar awet. Namun jika kulkas rusak atau mengalami gangguan, maka apa yang harus dilakukan?


cara menyimpan daging ayam tanpa kulkas agar tahan lama


Cara Menyimpan Daging Ayam Tanpa Kulkas


Untuk menjaga agar daging bisa tahan lama tidak harus diletakkan di kulkas. Dengan beberapa cara di bawah ini bisa membuat daging menjadi tahan lama. Meskipun tanpa bantuan kulkas, hal itu tetap bisa dilakukan, berikut ini ulasannya.

1. Penggaraman 

Penggaraman adalah salah satu cara kuno yang biasanya digunakan untuk membuat daging lebih awet. cara menyimpan daging ini cukup mudah dilakukan. Cukup dengan memotong daging dengan ukuran yang diinginkan dan melumurinya dengan garam. Mineral yang terkandung dalam garam akan mengeringkan daging serta membuatnya tahan lama hingga enam bulan.

2. Pengeringan

Cara menyimpan daging ayam tanpa kulkas selanjutnya adalah pengeringan. Dengan cara ini, maka kelembaban dalam daging bisa menghilang. Daging yang dikeringkan ini sebaiknya adalah daging yang tanpa lemak. Sebelum dikeringkan, sebaiknya daging diiris tipis terlebih dulu. Rendam daging dalam larutan garam selama beberapa saat, kemudian keringkan daging. Daging ini bisa bertahan hingga enam bulan lebih. Daging yang dikeringkan tersebut sangat cocok digunakan untuk masakan sup, atau makanan daging secara langsung.

3. Pengasapan

Pengasapan biasanya digunakan sebagai cara menyimpan daging berlemak. Hanya dengan melumuri daging dengan garam, serta mengasapinya hingga cairan dan kelembaban daging tersebut menjadi hilang. Daging yang terasapi harus disimpan dalam tempat yang kering dan dingin. Daging bisa awet  hingga enam bulan. Daging asap ini biasa dikenal dengan bacon, ham, dan pastrami.

4. Pengalengan

Cara menyimpan daging paling efektif adalah dengan pengalengan. Pasalnya dengan cara ini maka daging bisa awet hingga beberapa tahun. Cukup dengan memotong daing menjadi ukuran kecil, serta memasukkan dalam toples dan menambahkan 1 sendok garam. Daging kaleng tersebut dapat disimpan hingga beberapa tahun, tanpa harus khawatir membusuk/

Itulah cara menyimpan daging ayam tanpa kulkas. Cobalah untuk menggunakan cara di atas untuk membuat daging bisa tahan lama. Selain itu juga bisa menghemat penggunaan listrik kulkas. Jika ingin tau ulasan cara memilih daging ayam juga ada di sini. Dengan adanya tips ini, semoga bisa bermanfaat.

Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: