-->

Hidangan Ayam Atau Telur, Pilih Mana?

Hidangan ayam dan telur sering mendominasi menu sehari-hari keluarga karena relatif murah dan bergizi. Selain itu, ayam dan telur mudah didapat, juga cukup praktis cara mengolahnya dan bervariasi resepnya.

ayam atau telur
Hidangan Ayam atau telur?
Source: resepayam.net
Beberapa hidangan ayam ada yang menggunakan ayam negeri atau ayam ras, yang memang lebih murah ketimbang ayam kampung dan banyak tersedia di pasar swalayan ataupun pasar tradisional. Namun, jika Anda lebih menyukai ayam kampung, silakan Anda menggantinya. Ayam kampung selain lebih mahal juga lebih gurih namun lebih liat dagingnya, sehingga waktu mengolahnya lebih lama.

Sebagaimana masakan nusantara pada umumnya, aneka hidangan ayam kebanyakan menggunakan bumbu halus, termasuk cabai. Dalam sejumlah resep digunakan juga santan yang akan membuat masakan ayam terasa lebih lezat dan gurih. Dalam hal cara mengolahnya, bisa digoreng, dikukus, diungkap, atau dipanggang.

Telur ayam juga termasuk bahan yang murah meriah dan lezat, sering menjadi andalan para ibu atau penyedia hidangan rumah tangga. Meskipun tak dianjurkan untuk dikonsumsi terlalu sering, telur kerap menjadi favorit menu keluarga karena kelezatannya dan mudah mengolahnya. Bila bahan lain tidak tersedia, telur ayam bisa jadi "penyelamat" santapan keluarga.

Baca juga: Kenali 10 Makanan Khas Indonesia Terbaik di Daerahmu


Hidangan berbahan utama telur pun sangat bervariasi. Rasa telur yang gurih dan cukup netral ternyata cocok dipadu dengan berbagai jenis bumbu yang khas, seperti petis, terasi, dan lain-lain. Kebanyakan telur ayam digoreng atau direbus terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bumbu. Ada juga yang langsung dicampur bumbu sebelum dikukus terlebih dahulu.

Anda pernah mencicipi pepes telur? Selain lezat, ternyata hidangan yang praktis pembuatannya ini bisa tampil cantik dalam penyajiannya sehingga layak untuk disajikan dalam acara arisan atau acara keluarga lainnya.

Nah, cobalah berbagai pilihan resep ayam dan telur ini yang semuanya bercita rasa nusantara, kaya rasa serta sangat menggugah selera bersantap. Tak mengherankan jika banyak sajian ayam dan telur nusantara yang sudah menjadi andalan bisnis kuliner saat ini.

Jika selera nusantara bisa mendominasi pasar kuliner Indonesia, chicken junk food bermerek asing mungkin tak perlu lagi merajai pasar. Selamat mencoba!

0 Response to "Hidangan Ayam Atau Telur, Pilih Mana?"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel