Minggu, 21 Mei 2017

Menumis Atau Mengoseng

Menumis dan mengoseng adalah dua hal yang sama. Hanya saja berbeda dalam penulisannya, namun artinya sama. Menumis atau stir-fry, adalah salah satu teknik memasak yang diterapkan hampir di seluruh dunia. Dari sekian banyak teknik memasak, menumis merupakan salah satu teknik memasak yang paling mudah dan praktis. Menumis dikenal juga dengan sebutan mengoseng, sehingga makannya bisa disebut juga oseng-oseng.

menumis -maempin
Menumis atau mengoseng
Source : woktowalk.com
Menumis dan mengoseng adalah dua hal yang sama. Hanya saja berbeda dalam penulisannya, namun artinya sama. Menumis atau stir-fry, adalah suatu salah satu teknik memasak yang diterapkan hampir di seluruh dunia. dari sekian banyak teknik memasak, menumis merupakan salah satu teknik yang paling mudah dan praktis. Menumis dikenal juga dengan sebutan mengoseng, sehingga makanannya bisa disebut juga oseng-oseng.

Ciri khas menumis adalah menggunakan sedikit minyak, yaitu sekitar 3-5 sendok makan untuk satu resepnya, kecuali bahan yang akan ditumis perlu digoreng terlebih dahulu, misalnya ikan teri, tahu, dan tempe. Itulah sebabnya, beberapa masakan tumisan, atau oseng-oseng digolongkan sebagai hidangan yang cukup sehat dan praktis, karena memang praktis cara memasaknya. Hidangan oseng atau tumisan sangat cocok bagi mereka yang masih pemula dalam hal masak-memasak.

Selain relatif sehat, hidangan tumisan juga memiliki cukup banyaj variasi. Dari aneka jenis sayuran, tahu, tempe, oncom, daging ayam, daging sapi, dan seafood atau kombinasi dari beberapa bahan, seperti pare dengan teri dan ikan peda misalnya. Dalam hal ini, teri dan ikan peda berfungsi sebagai penyedap rasa dan dipakai sedikit saja. 

Kebanyakan masakan tumisan Nusantara menggunakan cabai sebagai bumbunya. Hal ini karena tumisa sering tampil sebagai lauk tunggal yang sudah memenuhi selera santapan, contohnya tumis oncom leunca, tumis daun singkong peda, ataupun tumis buncis daging giling. Jika anda seorang vegetarian, hidangan tumisan atau oseng-oseng tanpa protein hewani sangat cocok dipilih sebagai lauk teman nasi hangat karena kelezatan citarasanya.

Baca juga: Hidangan ayam atau telur, pilih mana?


Bagaimana Cara Menumis Sayur Praktis, Mudah, dan Lezat ?

Menumis adalah teknik memasak sayur yang terbilang cukup mudah dan sering dipakai ibu rumah tangga. Selain itu, rasa masakan menjadi tetap lezat serta gizinya tidak hilang karena proses memasak hanya sebentar yaitu sekitar 5-10 menit.

Ingin tahu, bagaimana cara menumis yang benar, ikutilah tips di bawah ini:
  • Pakai sedikit minyak, jika perlu semprotkan di pinggir wajan (tempat penggorengan) agar minyak yang dipakai tidak terlalu berlebihan.
  • Cara mengetes apa minyak sudah panas atau belum, yaitu dengan cukup memasukkan sendok kayu ke dalam minyak, jika minyak mengeluarkan gelembung-gelembung di sekitar sendok kayu berarti suhu minyak telah panas, dan siap untuk dipakai,
  • Jika bahan ada banyak, sebaiknya yang ditumis pertama adalah bumbu halus atau bumbu iris, tumis sampai harum, kemudian masukkan bahan yang lain seperti, udang, ikan, daging, dan tunggu hingga berubah warna.
  • Gunakan api sedang, khususnya jika bumbu halus memakai gula, agar tidak cepat gosong.
  • Jika menggunakan sayuran, maka masukkan sayuran yang agak keras terlebih dahulu, seperti wortel, labu siam, dan pepaya. Sedangkan untuk bahan sayuran daun, maka masukkan sesaat sebelum tumisan diangkat.
Hidangan tumis akan cenderung lebih kering, namun Anda dapat menambahkan air atau kaldu untuk lebih mematangkan sayuran. Jika air terlalu banyak, maka hidangan yang dibuat bukanlah tumisan, melainkan sup atau sayur. Hidangkan tumisa sesegera mungkin, agar rasanya lebih lezat dan sayur masih segar.

Silakan anda coba membuat hidangan tumisan yang lezat dan praktis ini. Disini akan ada beberapa resep tumisan yang semuanya tentu lezat saat disantap. Bagaimana sudah siap membuat hidangan di rumah. Perlu diingat, yang Anda perlukan hanya wajan dan sodet. Selamat menumis!
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: