Sabtu, 13 Mei 2017

Kenali 10 Makanan Khas Indonesia Terbaik di Daerahmu


makanan khas Indonesia
Makanan Khas Indonesia
Kenali 10 Makanan Khas Indonesia Terbaik di daerahmu menjadi tema postingan pertama ini. Di suatu wilayah atau daerah memiliki suatu ciri yang khas yang berbeda dengan masing-masing wilayah di sekitarnya. Salah satunya dapat dilihat dari makanan khas atau kuliner yang ada di suatu daerah. Setiap daerah memiliki makanan khas yang tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat dalam kesehariannya. Jika di Jepang anda mengenal sushi dan di Italia akrab dengan pasta, Indonesia juga memiliki banyak makanan khas yang pastinya sudah tak asing lagi bagi anda.

Makanan khas Indonesia memiliki cita rasa yang kaya dan nunik. Di setiap wilayah tentu rasa setiap masakannya berbeda-beda. Indonesia terkenal dengan tempat wisata dengan destinasi yang luar biasa. Hal ini didukung juga dengan adanya berbagai makanan khas atau kuliner di Indonesia. Cita rasa yang kaya pada masakan Indonesia ini dapat membuat lidah siapapun bergoyang.

Berbagai contoh makanan khas Indonesia dapat anda pilih sesuai selera dan keinginan. Banyak daftar makanan khas Indonesia yang tentu dapat memanjakan lidah seseorang karena banyaknya jenis makanan khas Indonesia yang unik dan terbilang enak. Jika anda menjadi orang Indonesia, maka beruntunglah karena dapat mencicipi makanan khas yang beraneka ragam rasanya.

Berikut ini ada beberapa ulasan kumpulan makanan khas Indonesia yang dapat memberikan gambaran kepada anda tentang makanan khas yang ada di Indonesia, seperti apa dan bagaimana rasanya. Jika ingin tau maka cicipi sendiri masakannya.

1. Soto

Soto Lamongan
Soto Lamongan
Source: pinterest.com 
Soto adalah jenis makanan dengan kuah yang sedap dan potongan daging ayam serta ditaburi bawang goreng di atasnya. Akan tetapi, di setiap daerah sebenarnya memiliki ciri khas masing-masing dalam penyajiannya. Misal Soto Betawi yang kuahnya tidak bening namun kental bersantan atau Soto Lamongan dengan tambahan taburan bubuk koya gurih dan lezat. Di Medan juga ada soto yang menggunakan bahan tambahan berupa udang dengan kuah santan yang kental. Soto tersebut dikenal dengan nama Soto Kesawan yang menjadi salah satu kuliner Medan yang wajib anda coba.

Di Indonesia, makanan khas bernama soto ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat. Anda tak akan suliut menemukan berbagai macam jenis soto khas Indonesia. Banyak sekali soto yang terkenal di Indonesia, seperti Soto Lamongan, Soto Lombok, Soto Betawi, dan Soto Padang.

2. Bakso

bakso beranak malang
Bakso Beranak Malang
Source: Netripyuk.id
Bakso merupakan salah satu makanan Indonesia yang terkenal. Bakso kini tak pernah kehilangan penggemarnya. Bola daging dengan kuah hangat yang disajikan bersama bihun dan sawi ini memang enak di santap apalagi saat hujan. Bagi anda yang suka pedas, maka semangkuk bakso lengkap akan ada sensasi tersendiri ketika menyantapnya.

Salah satu bakso yang terkenal di Indonesia yaitu Bakso Malang, Jawa Timur. Menurut beberapa sumber terpercaya, udara Kota Malang yang dingin menjadikan masyarakat setempat ingin menikmati makanan berkuah panas untuk menghangatkan tubuh, seperti Bakso. Hal ii menjadi awal mula munculnya Bakso Malang.

Bakso Malang ini berbeda dengan bakso di daerah lain. Yang membuat Bakso Khas Malang ini berbeda yaitu adanya tambahan pangsit goreng dalam mangkuknya, bahkan ada bakso yang pentolnya beranak, namanya Bakso Beranak. Saat ini, anda dapat datang langsung ke Malang untuk mencicipinya. Bakso malang ini sudah tersedia di banyak tempat kuliner di berbagai kota di Indonesia.

3. Sate

sate klathak yogyakarta
Sate Klathak Yogyakarta
Source: Pegipegi.com
Sate adalah masakan potongan daging yang ditusuk lalu dibakar dan biasanya disajikan dengan saus kacang atau kecap manis. Pada umumnya, penjual sate dengan gerobak dapat ditemukan pada sore hingga malam hari, akan tetapi anda dapat menemukan penjual sate di rumah makan atau restoran.

Bagi anda yang ingin mencicipi sate yang berbeda, maka datanglah ke Yogyakarta. Di sana ada jenis sate yang terkenal rasa dan penyajiannya yang unik, yakni dinamai dengan Sate Klathak Pak Pong. Sate ini terbuat dari daging kambing yang ditusuk dengan jeruji besi. Jeruji besi dapat menghantarkan panas dengan baik sehingga potongan daging tersebut dapat menjadi matang sempurna. Selain itu, dagingnya juga tak banyak dibumbui, cukup dengan menggunakan merica dan garam, dan disajikan bersama nasi hangat dengan kuah gulai yang membuat rasanya semakin nikmat.

4.Nasi Uduk

nasi uduk kebon kacang
Nasi Uduk Kebon Kacang
Source: makanmakan.com
Nasi uduk merupakan salah satu makanan khas Betawi. Tak heran jika anda dapat menemukan banyak penjual nasi uduk di Jakarta, apalagi pada pagi hari ketika waktu saapan. Kebon Kacang biasanya menjadi salah satu kawasan yang terkenal dengan nasi uduknya. Sebagian sumber mengatakan, kawasan tersebut dikenal dengan pelopor nasi uduk Jakarta.

Sebagian orang Indonesia menggunakan nasi uduk sebagai hidangan ideal saat sarapan. Nasi uduk tidak berwarna putih bersih seperti nasi biasa karena dimasak menggunakan air santan, daun jeruk, daun salam, serai, laos, dan garam. Hal tidak akan mengurangi rasa dan kelezatannya, dan semakin menambahkan rasa sedap dan gurih yang khas. Dalam penyajiannya, biasanya nasi uduk dipadukan dengan telur iris, ayam goreng, sambal, bihun goreng, taburan bawang goreng, dan kerupuk.

5. Nasi Goreng

nasi goreng merah surabaya
Nasi Goreng Merah Surabaya
Source: inijie.com
Nasi goreng dapat menjadi pilihan yang praktis bagi anda yang sulit menentukan menu makan. tak harus membeli nasi goreng jadi, makanan ini bisa anda masak sendiri dengan mudah di rumah. Jika nasi uduk biasa disantap pada pagi hari, nasi goreng ini nikmat disantap kapan saja, tapi biasanya disantap pada malam hari.

Nasi goreng di tiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri meskipun namanya sama. Nasi goreng merah Surabaya contohnya, berwarna merah cerah dari saus tomat dengan tambahan ayam suwir, acar mentimun, telur dadar, dan kerupuk. Ada juga nasi goreng keju Malang berwarna putih dengan taburan keju di atasnya dan tambahan telur dadar dan acar mentimun.

Baca juga: Menumis atau mengoseng?


6.  Rawon

Hasil gambar
Rawon
Source: resepnasional.com
Rawon adalah salah satu kuliner nusantara yang unik tampilan dan rasanya. Warna hitam pada rawon berasal dari keluak. Keluak merupakan salah satu bumbu khas Indonesia yang berasal dari biji pohon kepayang dengan bentuknya yang khas, bulat segitiga serta kulit cangkang yang keras. Sebelum dijadikan sebagai bumbu masakan, keluak ini difermentasikan dengan dikubur dalam tanah kurang lebih 40 hari terlebih dahulu. Dengan menggunakan keluak, rawon menjadi berwarna hitam, sehingga dapat memberikan rasa yang khas dan nikmat.

Dilihat dari tampilannya rawon berwarna hitam pekat dengan potongan daging yang terlihat kurang menarik. Namun ketka anda sudah menyantapnya, maka satu porsi pun tak akan cukup. Makanan ini biasa disajikan bersama sambal, tauge, sepiring nasi hangat, dan telur asin.

7. Rendang

rendang
Rendang
Source: bintangpamungkas.blogspot.com
Rendang juga termasuk kuliner nusantara yang khas. Makanan khas yang satu ini memang tidak bisa dihidangkan setiap hari di meja makan, kecuali jika anda mencari di rumah makan padang atau restoran. Hal ini karena proses memasaknya memerlukan waktu yang lama untuk memperoleh tekstur dan rasa yang pas. Rendang yang cocok untuk dinikmati dengan sepiring nasi hangat yakni rendang yang berbahan dasar daging sapi diolah dengan air santan dan rempah pilihan.

Rendang ini berasal dari Padang. Siapa yang tidak mengenal hidangan padang yang satu ini? Rendang bahkan pernah menduduki peringkat pertama dalam World’s 50 Best Food, dari hasil survey CNN 2011 lalu. Pencapaian oleh rendang ini memang mengejutkan. Kuliner yang kaya rasa rempah ini menjadi makanan favorit orang Indonesia maupun wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.


8. Bubur Ayam

bubur ayam
Bubur Ayam
Source; tokomesin.com
Bubur ayam dapat anda temukan hampir di semua kota besar yang ada di Indonesia. Anda tak akan kesulitan dalam menemukan pedagang bubur ayam di pinggiran jalan. Bubur ayam disajikan secara praktis dan lezat yang bisa dijadikan pilihan yang tepat saat anda membutuhkan makanan dalam waktu yang cepat.

Bubur ayam cocok disantap saat sarapan dan rasanya sangat nikmat. Bubur dengan taburan beragam topping ini rasanya gurih dan enak yang membuatmu dapat menghadapi keseharianmu. Bubur ayam biasanya disajikan dalam keadaan masih panas dengan diberi taburan ayam suwir, bawang goreng, cakwe, irisan daun bawang, telur, dan emping disesuaikan dengan permintaan pembeli. Ada juga pedangan yang telah menyiapkan sate usus dan hati ayam sebagai pelengkap bubur ayam agar menjadia lebih nikmat.


9. Martabak

Martabak
Martabak termasuk ke dalam kategori camilan atau makanan berat karena cukup mengenyangkan. Ada dua jenis martabak yakni martabak telur dan martabak manis, keduanya akan terasa nikmat saat disantap dalam keadaan hangat.
martabak telur dan manis kini mengalami banyak modifikasi tampilan dan resep yang unik. Martabak telur, salah satu jenis baru yang memiliki banyak peminatnya adalah martabak telur dengan lelehan keju mozzarella, sedangkan martabak manis kini memiliki topping dan isiannya semakin beragam, mulai dari oreo, selai coklat nutella, greentea, red velvet, dan lain sebagainya.


10. Gorengan

gorengan

Gorengan telah menjadi makanan sehari-hari bagi sebagian besar orang Indonesia. Gorengan banyak dijumpai di banyak tempat, mulai dari warung kopi, penjual keliling, restoran, warung makan, dan sebagainya. Gorengan yang umum dijual yakni ubi, pisang, singkong, lumpia, ote-ote, tahu isi, tempe, dan cireng. Ketika membeli gorengan, anda juga akan memperoleh bonus cabai rawit untuk menambah rasa. Tidak suli menemukan penjual gorengan ini di Indonesia.
Gorengan memang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan keseharian orang Indonesia. Gorengan dapat diterima dimana saja, misal diterima di tengah rapat perusahaan sebagai camilan, sebagai kudapan saat minum teh bersama keluarga di rumah, atau jadi teman nongkrong asyik bersama teman-teman.

Demikian adalah Makanan Khas Indonesia yang perlu anda cicipi kelezatan dan keunikan rasanya. Tak ada salahnya jika anda mencoba berbagai resep masakan khas Indonesia yang ada di sekitar anda.
Jadi, Makanan Khas apa yang ada di daerahmu?
Previous Post
First
Related Posts

0 komentar: